Pembelajaran Daring dan Luring Masa Pademi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 4 Kendal

  • Sri Setyaningsih Universitas Ivet
  • Eko Heri Widiastuti Universitas Ivet
  • Zusrotin Zusrotin Universitas Ivet
  • Lingga Kurnia Ramadhani Universitas Ivet

Abstract

Pandemi virus corona (Covid-19) mengakibatkan perubahan secara mendadak dalam perilaku keseharian individu dan aktivitas masyarakat serta membawa dampak perubahan luar biasa untuk semua bidang termasuk pendidikan, sehingga belajar dari rumah merupakan suatu keniscayaan. Bahkan pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK  juga “dipaksa” untuk melakukan pembelajaran dari rumah (Surat Edaran Sekjen Kemendikbud, No. 15/2020). Tujuan pengabdian ini adalah  membantu peserta didik  dan guru  yang mengalami kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran secara daring dan luring dalam penggunaan  teknologi seperti cara pengoperasionalan komputer. Metode yang digunakan adalah ceramah interaktif, penyuluhan dan pendampingan secara langsung tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran, praktik, dan pelatihan. Hasil pengabdian diperoleh simpulan bahwa kemampuan guru dalam pembelajaran daring dapat ditingkatkan melalui pelatihan dan praktik langsung sesuai dengan tingkat kemampuan, keantusiasan, dan semangat dalam mendapatkan keterampilan aplikasi daring.


Kata kunci: pembelajaran daring dan luring, covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-22
How to Cite
SETYANINGSIH, Sri et al. Pembelajaran Daring dan Luring Masa Pademi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 4 Kendal. Manggali, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 222-230, aug. 2021. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/1795>. Date accessed: 21 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v1i2.1795.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>