Arti Penting Pendidikan Formal Bagi Santri Di Pondok Pesantren Riyadus Al-Islamy Gunung Pati Kota Semarang

  • Soelistijanto Soelistijanto Universitas Ivet
  • Eko Heri Widiastuti Universitas Ivet
  • Nuryanti Nuryanti Universitas Ivet
  • Slamet Slamet Universitas Ivet

Abstract

Pondok Pesantren Riyadus Al-Islami yang berlokasi di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang memiliki santri yang cukup banyak dan berasal dari berbagai wilayahya terutama dari daerah Jawa Tengah. Pendidikan dilaksanakan di pondok pesantren ini menekankan pada ilmu agama, namun di era globalisasi ini bekal ilmu agama dirasa masih belum mencukup untuk menghadapi tantangan di masa depan, para santri juga perlu mendapatkan bekal ilmu umum. Dengan melihat tantangan dan kebutuhan para santri tersebut tim pengabdian masyarakat dari Universitas Ivet merasa perlu untuk menyampaikan tentang pentingnya Pendidikan formal bagi para santri khususnya di Pondok Pesantren Riyadus Al-Islamy yang berlokasi di Gunungpati Kota Senmarang. Metode kegiatan yang dilakukan yaitu dengan penyampaian materi tentang arti pentingnya pendidikan formal bagi para santri, kemudian 2 (dua) bulan berikutnya dilakukan evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, maka luaran yang ditemukan adalah motivasi santri untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi meningkat, peran pengasuh untuk meningkatkan motivasi santri untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi juga meningkat. Hal ini dibuktikan dengan semakin bertambahnya jumlah santri yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama RI, 2003. Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Perkembangan dan Pertumbuhannya, Jakarta: Direktorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.
Dhofier, Zamakhsyari, 2011. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES
Fuaduddin & Basri, Cik Hasan, 1999. Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi Wacana tentang Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Hasbullah. 1996. Sejarah Pendidikan Islam Indonesia, Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Hasyim, Yusuf. 1998. Peranan dan Potensi Pesantren dalam Pembangunan, Jakarta: P3M
Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin. (2018). Pola Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir Bandung Dalam Membentuk Kepribadian Islami. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, VII(1), 9–19.
Madjid, Nurcholis. 1997. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina
Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS.
Muhaimin. 1991. Konsep Pendidikan Islam, Sebuah Komponen Dasar Kurikulum, Solo: Ramadhani.
Notoatmodjo, Soekidjo. 1992. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sahlan, Asma’un. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi). Malang: UIN Sunan Kalijaga
STAIN Malang, 2002. Tarbiyah Uli Al-Albab: Dzikr, Fikr dan Amal Shalih,
Malang: STAIN Malang.
Suprayogo, Imam. 2004. Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an, Malang: UIN Malang Press.
Tilaar, H.A.R, 2002. Pendidikan dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI, Jakarta: Balai Pustaka.
Triptoherijanto, Prijono. 1989. Untaian Pengembangan Sumber Daya Manusia, (Jakarta: Fakultas Ekonomi UI).
Triyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara. Wahjoetomo. 1997. Perguruan Tinggi Pesantren, Jakarta: Gema Insani.
Published
2023-01-17
How to Cite
SOELISTIJANTO, Soelistijanto et al. Arti Penting Pendidikan Formal Bagi Santri Di Pondok Pesantren Riyadus Al-Islamy Gunung Pati Kota Semarang. Manggali, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 33-42, jan. 2023. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2382>. Date accessed: 15 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v3i1.2382.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>