Proses Pembelajaran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Ivet
Abstract
Tingginya jumlah penduduk di Indonesia tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan, sehingga memicu tingginya tingkat pengangguran. Untuk mengatasi hal tersebut dan meningkatkan rasio kewirausahaan nasional, diperlukan pengenalan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan mengkaji proses pembelajaran pendidikan kewirausahaan dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas IVET Semarang. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan dilaksanakan secara cukup efektif menggunakan metode Project Based Learning (PjBL), sehingga mahasiswa mampu menemukan ide bisnis inovatif, mengubah tantangan menjadi peluang, mengembangkan produk atau layanan unik, menyusun rencana bisnis, mengatasi risiko, serta menghadapi situasi bisnis yang tidak sesuai rencana. Disimpulkan bahwa pembelajaran kewirausahaan berperan dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha mahasiswa yang telah memiliki usaha karena mereka dapat langsung menerapkan pengetahuan dan pengalaman ke dalam bisnis yang dijalankan, sedangkan bagi mahasiswa yang belum berwirausaha, pembelajaran hanya memberikan pengetahuan dan pengalaman tanpa peningkatan kemampuan secara nyata.