Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Video Editing Bagi Guru Tk di Kabupaten Demak

  • Afis Pratama Universitas Ivet
  • Widya Novi Angga Dewi Universitas Ivet
  • Atika Zahra Furi
  • R Irlanto Sudomo

Abstract

Guru kreatif adalah yang mampu mengolah sesuatu yang terlihat sulit dan tidak mungkin menjadi sesuatu yang menyenangkan. Demikian halnya dengan pembelajaran metode menulis, membaca dan berhitung dimana orang tua siswa mengharapkan agar anaknya ketika melanjutkan ke pendidikan sekolah dasar menemukan kesulitan yang baru yang dapat menantangnya dalam belajar. Salah satu upaya untuk menunjang kreativitas guru adalah dengan kemampuan dalam membuat video pembelajaran. Video dapat memberi guru lebih banyak fleksibilitas dan mempelajari prespektif dari siswa. Video dapat dijadikan media pembelajaran yang lebih efektif. Penggunaan media pembelajaran berbasis video diminati anak, hasil belajarnya juga lebih baik setelah menggunakan video pembelajaran.


Pelatihan ini bertujuan agar Guru dapat membuat pembelajaran yang menarik dan inovatif dapat juga memberikan tampilan yang bervariatif dalam penyampaian materi dalam proses pembelajaran dan memberikan banyak pengetahuan dan penambahan materi pembelajaran bagi Guru di sekolah.  Setelah mengikuti pelatihan ini, guru memiliki wawasan dalam mengembangkan video pembelajaran yang inovatif sehingga dapat menjadi sumber belajar yang menarik bagi peserta didik. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, L. M. I., & Rimpiati, N. L. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Seting Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini. JEPUN: Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1). https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/Jepun/article/view/78
Fahri, M. U. (2020). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/z97qy
Kurniawati, T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai Karakter Mandiri Berbantuan Video Animasi Pembelajaran untuk TK. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 30-38.
Mayar, F., Roza, D., & Delfia, E. (2019). URGENSI PROFESIONALISME GURU TK DALAM MENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1112-1119.
Monica, M. A., & Mayar, F. (2019). Strategi Guru TK dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1217-1221.
Syaodih, E., Kurniawati, L., Handayani, H., & Setiawan, D. (2021). Pelatihan Sains Kreatif pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1854-1859.
Published
2023-07-31
How to Cite
PRATAMA, Afis et al. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Video Editing Bagi Guru Tk di Kabupaten Demak. Manggali, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 253-260, july 2023. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2617>. Date accessed: 22 july 2024. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v3i2.2617.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>