Pelatihan Pembuatan Komposter Aerobik di Kelurahan Pakintelan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

  • Isti Mulyawati Universitas Ivet
  • Raditya Ahmad Rifandi Universitas Ivet
  • Nely Zulfa Universitas Ivet
  • Sofi Diah Andriyani Universitas Ivet

Abstract

Rumah tangga merupakan salah satu sumber utama penyumbang sampah setiap harinya. Penanganan sampah dapat dilakukan mulai dari sumbernya terlebih dahulu, terutama untuk penanganan sampah organik yang belum bisa didaur ulang seperti halnya sampah an organik. Salah satu langkah untuk penanganan sampah organik adalah dijadikan kompos. Pelatihan pembuatan komposter yang dilakukan di Kelurahan Pakintelan bertujan untuk mengurangi timbulan sampah ornagik sekaligus pemanfaatan sampah organik menjadi kompos. Pelatihan yang dilakukan adalah melakukan pemberdayaan masyarakat dengan metode diskusi, ceramah, tanya jawab dan praktek pembuatan komposter beserta cara pembuatan kompos. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober di Kelurahan Pakintelan Gunungpati Semarang. Pelatihan ini memberikan informasi tentang penanganan sampah organic yang dapat dimanfaatkan untuk dijadikan kompos sekaligus menyadarkan masyarakat untuk cinta lingkungan. Dibutuhkan kesadaran masyarakat terutama dalam menangani sampah dimana permaslahan sampah sudah menjadi masalah dunia, dengan penangan yang berawal dari sumbernya diharapkan dapat mengurangi dampak negative sampah sekaligus menyadarkan masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan.Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode ceramah dengan dialog interaktif yang memberikan kesempatan kepada pembina, pengurus, serta anggota masyarakat untuk menyampaikan pendapat, tanggapan maupun pertanyaan  serta seluas-luasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, Ragil. “Peningkatan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan sampah rumah tangga melalui kelompok sadar sampah" Sri Kandi" di Desa Karangtengah, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah”. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018
Hardiatmi, S. 2011. Pendukung Keberhasilan Pengelolaan Sampah Kota. INNOFARM. Jurnal Inovasi Pertanian, 10(1): 50-66
Hayat, H., & Zayadi, H. 2018. Model inovasi pengelolaan sampah rumah tangga. Jurnal Ketahanan Pangan, 2(2), 131–141
Mardwita, Yusmartini, E. S., Melani, A., Atikah, & Ariani, D. (2019). Pembuatan kompos dari sampah organik menjadi pupuk cair dan pupuk padat menggunakan komposter. Suluh Abdi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 80–83
Munas Dwiyanto, Bambang. 2011. Model Peningkatan PartisispasiMasyarakat dan Penguatan Sinergi dalam Pengelolaan Sampah Perkotaan. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 12 No 2 Desember 2011: 239-256
Satori, Mohamad, Amarani, Reni, Shofi, Dewi. 2010. Pendampingan Usaha Masyarakat dalam Memanfaatkan Sampah Di Desa Manis Lor Kabupaten Kuningan. Prosiding SNaPP Edisi Eksakta. ISBN: 2089.3582. Bandung: Universitas Islam Bandung. Hal. 150-179.
Setyaningsih, E., Astuti, D. S., & Astuti, R. 2017. Kompos daun solusi kreatif pengendali limbah. Bioeksperimen, 3(2), 45–51.
Wahyuni, S., Rokhimah, A. N., Mawardah, A., & Maulidya, S. 2019. Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Skala Rumah Tangga Dengan. Indonesian Journal of Communitiy Empowerment, 1161, 51–54.
Published
2023-07-31
How to Cite
MULYAWATI, Isti et al. Pelatihan Pembuatan Komposter Aerobik di Kelurahan Pakintelan Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Manggali, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 261-269, july 2023. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2723>. Date accessed: 29 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v3i2.2723.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)