Peran Konselor Dalam Pengembangan Manajemen Bimbingan dan Konseling

  • Dwi Asih Kumala Handayani Universitas Ivet
  • Elfi Rimayati Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran konselor dalam konteks pengembangan manajemen bimbingan dan konseling di lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus di beberapa sekolah menengah. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan konselor, observasi langsung terhadap sesi konseling, dan analisis dokumen terkait program bimbingan dan konseling di sekolah tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa peran konselor sangat penting dalam membentuk lingkungan sekolah yang mendukung pertumbuhan holistik siswa. Program bimbingan dan konseling yang efektif melibatkan kolaborasi yang erat antara konselor, guru, dan orang tua. Pembahasan hasil penelitian mengangkat isu-isu terkait peran konselor, kolaborasi stakeholder, dan penerapan teknologi dalam layanan konseling. Kesimpulan penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman peran konselor dan pengembangan manajemen bimbingan dan konseling di lembaga pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliman, A., & Juarsa, O. (2017). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Di Sma. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(3).
Arsini, Y., Fatalisa, N., Nasution, H. F., & Syahriani, L. (2023). Fungsi Dan Peranan Konselor Dalam Manajemen Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(5), 102-106.
Harefa, D., & Telaumbanua, K. (2020). Teori Manajemen Dan Bimbingan Konseling: Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Dan Keguruan. PM Publisher.
Hidayat, W., Suryana, Y., & Fauziah, F. (2020). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 346-354.
Isra, F. (2020). Keterampilan Konselor Dalam Mengembangkan Manajemen Bimbingan Konseling Di Sekolah. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(2), 48-53.
Jarkawi, J., & Abidarda, Y. (2022). Pengembangan Model Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 540-546.
Octavia, S. A. (2019). Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Di Sekolah/Madrasah. Deepublish.
Ramdani, R., Nasution, A. P., Ramanda, P., Sagita, D. D., & Yanizon, A. (2020). Strategi kolaborasi dalam manajemen pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3(1), 1-7.
Rohmah, R. (2019). Urgensi manajemen bimbingan konseling dalam melahirkan peserta didik berkarakter. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 102-115.
Sodik, A. (2022). Manajemen Bimbingan dan Konseling.
Suhardita, K., Dartiningsih, M. W., Sapta, I. K., & Yuliastini, N. K. S. (2019). Manajemen Bimbingan Konseling di Sekolah Menengah Atas. Konvensi Nasional Bimbingan dan Konseling XXI, 89-98.
Teti Ratnawulan, S. (2016). Manajemen Bimbingan Konseling Di SMP Kota Dan Kabupaten Bandung. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 1-17.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92-100.
Yohanes, Y. (2021, December). Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kinerja Konselor Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 426-431).
Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2015). Manajemen bimbingan dan konseling berbasis permendikbud nomor 111 tahun 2014. Jurnal konseling gusjigang, 1(1).
Published
2024-01-15
How to Cite
HANDAYANI, Dwi Asih Kumala; RIMAYATI, Elfi. Peran Konselor Dalam Pengembangan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Manggali, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 118 - 123, jan. 2024. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/3080>. Date accessed: 11 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v4i1.3080.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>