Peningkatan Kompetensi Numerasi dan Jiwa Entrepreneurship Siswa melalui Kegiatan Market Play, Program Kampus Mengajar di SD Negeri 1 Klampok, Godong, Grobogan
Abstract
Di Indonesia, numerasi masih menjadi salah satu bidang pendidikan yang perlu mendapatkan perhatian serius. Numerasi merupakan kemampuan memahami dan menggunakan konsep matematika dasar, menjadi salah satu kunci penting dalam kehidupan. Indeks kemampuan numerasi pada jenjang SD berada pada predikat di bawah kompetensi minimum. Perlu adanya upaya dalam peningakatan numerasi di sekolah dasar, salah satunya kegiatan market play yang dilaksanakan oleh program kampus mengajar angakatan 7. Kampus mengajar merupakan salah satu program merdeka belajar kampus merdeka yang menekankan pada peningkatan literasi, numerasi, adaptasi teknologi dan asistensi menagar. Kegiatan market play mengajarkan peserta didik dalam permainan penggunaan keuangan dalam berbelanja. Peserta didik dapat belajar mengelola keuangan, bertransaksi dan berkomunikasi secara sosial. Hasil kegiatan ini menunjukan peningkatan numerasi melalui AKM kelas kategori Numerasi sebesar 40 %. Peserta didik jadi terlatih dalam jiwa kewirausahaan melalui kegiatan market play.
Downloads
References
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan literasi sekolah dan literasi numerasi melalui model blanded learning pada siswa kelas v sd kota singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269-283.
Martina, S. E., Gultom, R., & Nababan, D. (2022). Peningkatan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar melalui program kampus mengajar. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(1), 146-151.
Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Model Pembelajaran. Hexagon: Jurnal Ilmu dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19-29.
Purwaningsih, Y., Khasanah, L. N., & Yunus, M. (2023). Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan Tiga dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi di SD Negeri 3 Ngabeyan Sukoharjo 2023. Jurnal Abdimas Multidisiplin, 2(1), 27-38.
Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535-1541.
Widiantari, N. K. K., Suparta, I. N., & Sariyasa, S. (2022). Meningkatkan literasi numerasi dan pendidikan karakter dengan e-modul bermuatan etnomatematika di era pandemi COVID-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 331-343.
Yulianto, A., Izzuddin, A., & Pambudi, M. R. (2022). Peningkatan Kompetensi Numerasi Siswa Kelas V SD Durian 3 Kabupaten Sambas Kalimantan Barat melalui Team Games Tournamen (TGT). Metode, 6(1), 168-172.