Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Perawat Melalui Pelatihan Listening dan Speaking Berbasis Video dan Audio
Abstract
Kemampuan berbahasa Inggris yang memadai sangat penting bagi perawat untuk berkomunikasi efektif dengan pasien asing, rekan kerja internasional, dan mengakses informasi medis terbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris perawat, khususnya dalam keterampilan listening dan speaking, melalui pelatihan berbasis video dan audio. Metode yang digunakan adalah blended learning yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan online selama 8 minggu dengan total 16 sesi. Pelatihan melibatkan latihan intensif, umpan balik langsung, dan penggunaan media audio-visual yang relevan dengan konteks keperawatan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada skor tes kemampuan berbahasa Inggris, terutama pada komponen listening dan speaking. Selain itu, pelatihan juga berhasil meningkatkan kepercayaan diri perawat dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan listening dan speaking berbasis video dan audio efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris perawat, yang pada akhirnya dapat berdampak positif pada kualitas pelayanan kesehatan.
Downloads
References
Chang, C. C., & Hsu, L. F. (2018). The effects of using authentic videos on English listening comprehension and learning motivation of EFL nursing students. Advances in Language and Literary Studies, 9(5), 88-96.
Fitriani, F., dkk. (2019). The effect of English training on nurses' communication skills in providing nursing care to foreign patients. Jurnal Ners, 14(2), 123-129
Nation, I. S. P., & Newton, J. (2009). Teaching ESL/EFL listening and speaking. Routledge.
Nunan, D. (1991). Language teaching methodology: A textbook for teachers. Prentice Hall.Richards, J. C. (2008). Teaching listening and speaking: From theory to practice. Cambridge University Press.
Puspitasari, L., & Sulistyowati, S. (2017). The effectiveness of interactive and participatory methods in teaching English to Indonesian nurses. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 50(2), 121-130
Rokhmawati, R., & Sulistyaningsih, S. (2020). Analisis kebutuhan bahasa Inggris perawat di rumah sakit. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 20(1), 1-10.
Sari, N. K., & Wahyuni, S. (2016). The impact of post-training mentoring program on nurses' English language skills retention. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 6(1), 71-80
Suprihatin, T., dkk. (2018). Pengaruh pelatihan bahasa Inggris terhadap kemampuan komunikasi perawat dalam memberikan asuhan keperawatan pada pasien asing. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 6(2), 117-125.
Wahyuni, S., & Anggraeni, C. D. (2021). The effectiveness of task-based learning in improving nurses' English communication skills. Jurnal Ilmu Keperawatan, 19(1), 35-43
Willis, D., & Willis, J. (2007). Doing task-based teaching. Oxford University Press.