Pengembangan Modul Proyek Untuk Penguatan Future Skills Mahasiswa D3 Teknik Kelistrikan Kapal
Abstract
Pendidikan vokasi dituntut menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga memiliki future skills untuk menghadapi dinamika industri 4.0/5.0. Namun, pembelajaran konvensional di program D3 Teknik Kelistrikan Kapal masih dominan teoritis dan kurang melatih keterampilan abad ke-21. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran berbasis proyek untuk memperkuat future skills mahasiswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dimodifikasi. Subjek uji coba meliputi 5 ahli validator dan 30 mahasiswa D3 Teknik Kelistrikan Kapal. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner, rubrik penilaian future skills, dan observasi. Hasil validasi menunjukkan rata-rata skor 4,6 (kategori sangat valid). Uji coba lapangan mengungkapkan peningkatan signifikan pada future skills dengan rata-rata N-Gain 0,57 dan p-value < 0,001. Peningkatan tertinggi terjadi pada kolaborasi (N-Gain = 0,63) dan pemecahan masalah (0,61). Simpulan penelitian menunjukkan bahwa modul proyek efektif meningkatkan future skills. Disarankan agar modul diadopsi lebih luas, dikembangkan dalam format digital interaktif, dan diperbarui secara berkala berbasis kebutuhan industri.
References
Hämäläinen, R., Järvelä, S., & Veermans, M. (2020). Towards measuring collaboration in complex virtual learning environments. Computers in Human Behavior, 104, 106160. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106160
Kivistö, J., Ferguson, G., & Taylor, T. C. (2021). The future of higher education: Skills for employability. Higher Education Research & Development, 40(3), 543–557. https://doi.org/10.1080/07294360.2020.1772721
Larmer, J., Mergendoller, J., & Boss, S. (2015). Setting the standard for project based learning. ASCD.
Ruseffendi, E. T. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Siregar, S., Lubis, A. M., & Harahap, E. (2022). Pengembangan modul pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah instalasi listrik kapal. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(2), 123–134.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thomas, J. W. (2000). A review of research on project-based learning. The Autodesk Foundation.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Bureau of Educational Research, Indiana University.
Voogt, J., & Pareja Roblin, N. (2019). Equity in twenty-first century competencies: A situational analysis. Computers & Education, 138, 138–150. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.008
World Economic Forum (WEF). (2023). Future of jobs report 2023. https://www.weforum.org/reports/the-future-of-jobs-report-2023