Integrasi Nilai Islami dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika di MTs Negeri 3 Aceh Tengah
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya integrasi nilai islam di MTsN 3 Aceh Tengah, mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan program pembelajaran matematika MTs yang terintegrasi nilai Islam dengan pendekatan saintifik, dan mengetahui tingkat integrasi nilai Islam dengan pendekatan saintifik pada pelaksanaan pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan analitif, jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti konsep Miles dan Huberman. Pengujian kredibilitas dilakukan dengan triangulasi. Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajarandiupayakan melalui program-program seperti menghafal ayat Al Qur’an, program one day one ayat. Perencanaan pembelajaran meliputi program tahunan, program semester, minggu efektif, kriteria ketuntasan minimal, silabus, dan RPP. Nilai islam yang dikembangkan adalah nilai hablun minAllah dan hablun minannafsi. MTsN 3 Aceh Tengah dalam pelaksanaan pembelajaran telah melakukan tahapan pendekatan saintifik seperti mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. MTs Negeri 3 Aceh Tengah melakukan integrasi nilai islam dengan pendekatan saintifik pada tingkat strategi dan tingkat materi di tiap pertemuan masing-masing sebesar 100%.
Kata kunci: integrasi, nilai Islam, pendekatan saintifik.
ABSTRACT
The purpose of this study was to describe efforts to integrate Islamic values ??in MTsN 3 Aceh Tengah, describe the planning and implementation of MTs mathematics learning programs that integrated Islamic values ??with a scientific approach, and find out the level of integration of Islamic values with a scientific approach to the implementation of mathematics learning. This isa qualitative researchwith an analytic approach. The sample is obtained by a purposive sampling technique. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques follow the concept of Miles and Huberman. Credibility testing is done by triangulation. The integration of Islamic values ??in the learning is pursued through memorizing Al Qur'an verses and one day one verse programs. The learning planning includes annual programs, semester programs, effective weeks, minimum completeness criteria, syllabus, and lesson plans. The Islamic values ??developed are the values ??of hablun min Allah and hablun minannafsi. The implementation of learning has carried out the stages of a scientific approach such as observing, asking, trying, reasoning, and communicating. The integration of Islamic values ??with a scientific approach at the strategy level and material level at each meeting reach 100% each.
Keywords:integration, Islamic values, scientific approach.
Downloads
References
Bahri, S., & Fajriani. (2015). Suatu Kajian Awal Terhadap Tingkat Pelecahan Seksual di Aceh. Majelis Pendidikan Daerah Aceh, 50-65.
Djamal, S. M. (2017). Penerapan Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Kehidupan Masyarakat di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Adabiyah, 161-179.
Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya lokal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Sosio Didaktika, 211-218.
Kesuma, Dharma, & Permana, J. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Maulida. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter dalam Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 17.
Miles, B. M., & Hubberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. London : International Educational and Profesional Publisher.
Mutijah. (2018). Model Integrasi Matematika dengan Nilai-nilai Islam dan Kearifan Lokal Budaya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 51-75.
Penyusun.(2013).Buku Guru Matematika Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.
Sauri, S. (2006). Membangun Komunikasi dalam Keluarga. Bandung : PT Genesindo.
Tafsir, A. (2006). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Rosda Karya.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright for all articles belongs to the authors. All other copyright is held by the journal.