Performa Mahasiswa dalam Menjawab Permasalahan Graf pada Matakuliah Matematika Diskrit

Mathematics Education

  • Andrea Arifsyah Nasution Universitas Negeri Medan
  • Asrin Lubis Universitas Negeri Medan
  • Muliawan Firdaus Universitas Negeri Medan

Abstract

ABSTRAK


Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam artikel ini adalah adalah deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kemampuan awal bernalar matematika mahasiswa, khususnya Universitas Negeri Medan, pada mata kuliah matematika diskrit. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester IV pada program studi pendidikan matematika tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 45 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan pretest kepada mahasiswa dengan waktu 15 menit dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan tujuan mendapatkan informasi mengenai bagaimana mahasiswa menyelesaikan permasalah yang disajikan. Hasil dari pretest dan wawancara dijadikan bahan untuk menjawab masalah utama pada penelitian ini. Dalam hal ini, temuan penelitian mengemukakan bahwa kemampuan awal mahasiswa pada umumnya belum dapat membantu mereka memecahkan masalah-masalah graf bahkan sebagian mahasiswa tidak dapat menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang disajikan. Dalam meyelesaikan permasalahan yang diberikan, beberapa mahasiswa cenderung melakukan metode trial and error, sedangkan yang lainnya menggunakan penjabaran penjabaran dengan kata-kata ataupun gambar.


Kata kunci: analisis kemampuan awal, kemampuan bernalar (reasoning skills), graf, matematika diskrit.


 


ABSTRACT


This paper attempts to descibe descriptively towards a study which is conducted to provide an overview about college students’ initial reasoning skills, especially Universitas Negeri Medan, at Discrete Mathematics course. The implementation of this study involves 45 fourth-semester students of mathematics education program as the research subject. The data was collected by giving fifteen-minute pretest and conducting interview with the students. The interview aimed to acquire the information about how the students deal with the problems. The results of pretest and interview were laterly used to answer the main question of this study. In this case, the findings of this study show that the students’ initial understanding is not adequate to solve the problems about graph and some students leave the worksheet with no answer. In order to deal with the problems, students come up with trial and error method and others attempt to solve the problems with word description and pictures.


Keywords: initial understanding analysis, reasoning skills, graph, discrete mathematics.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakker, A., & Van Eerde, D. (2013). An introduction to designed-based research with an example from statistics education. The Netherlands: Utrecht University.

Bustang dkk. (2013). Developing A Local Instruction Theory for Learning The Concept of Angle Through Visual Field Activities and Spatial Representations. International Education Studies, 6(8), pp. 58-70.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2017). Panduan Ringkas Penyusunan KPT-LPTK. Jakarta: RISTEK-DIKTI.

Krantz, S. G. (2009). Discrete Mathematics. The United States: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Lee, P.Y. (2004). “What Do We Do with School Geometry”. Conference on Recent Progress in Mathematics Education (CRPME 2004), 6-9 September 2004. ITB Bandung.

Lohman, David F. & Lakin, J. M. (2009). Reasoning and Intelligence. New York: Cambridge University Press.

Lubis, A. dkk. (2016). Matematika Diskrit. Medan: Unimed Press.

Lubis, A. dkk. (2017). Matematika Diskrit (Edisi Revisi). Medan: Unimed Press.

Lubis, A., Nasution, A. A. (2017). How Do Higher-Education Students Use Their Initial Understanding to Deal with Contextual Logic-Based Problems in Discrete Mathematics?. International Education Studies, pp. 72-86.

Mikrayanti. (2016). Meningkatkan Penalaran Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Suska Journal of Mathematics Education, pp. 97-102.

Nasution, A. A. & Lukito, A. (2015). Developing Students’ Proportional Reasoning through Informal Way. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 38(1), 77-101.

Nasution, A. A. dkk. (2014). Educational Design Research: Supporting Fifth-Grade Students To Learn About Proportion. The 2nd SEA-DR, pp. 43-51.

Rosen, K. H. (2012). Discrete Mathematics and Its Applications (7th edition). New York: McGraw-Hill.

Sa’adah, W. N. (2010). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jogjakarta: Universitas Negeri Jogjakarta.

Sopamena, P. (2012). Analisis Kemampuan Reasoning Mahasiswa Pendidikan Matematika IAIN Ambon Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Horizon Pendidikan, vol. 7, Nomor 1.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Supianti, I-I & Sari, N.M. (2016). Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Abduktif-Deduktif Untuk Meningkatkan Advanced Mathematical Thinking Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas Siliwangi, pp. 107-114.

Suriasumantri, J. S. (1999). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Susanna (2010). Discrete Mathematics With Applications (Fourth Edition). Canada: Richard Stratton.

Sutrisno. (1993). Metodologi Research. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Widayat, E. dkk. (2019). Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UNITOMO terhadap Indeks Prestasi (IP) Ditinjau dari Asal Daerah. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), pp. 147-162.

Widjaya, W., Dolk M., Fauzan A. (2010). The Role of Context and Teacher’s Questioning To Enhance Students’ Thinking. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(2), pp. 168-186.

Wijaya, A., Van den Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: An analysis of students’ errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 555-584.
Published
2020-07-13
How to Cite
NASUTION, Andrea Arifsyah; LUBIS, Asrin; FIRDAUS, Muliawan. Performa Mahasiswa dalam Menjawab Permasalahan Graf pada Matakuliah Matematika Diskrit. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 295-309, july 2020. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/1068>. Date accessed: 16 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1068.