Meningkatkan Hasil Belajar Persamaan dan Fungsi Kuadrat melalui Model Problem Based Learning dengan Kartu True Or False

  • Erlin Nurhayati SMP Negeri 5 Purwokerto
  • Lukmanul Ahsani Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Abstract

Persamaan dan Fungsi kuadrat adalah materi Matematika yang memerlukan ketelitian dalam menghitung dan menyajikannya dalam bentuk gambar grafik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika Persamaan dan Fungsi Kuadrat melalui model Problem Based Learning dengan Kartu True Or False bagi siswa kelas IX H semester 1 SMP Negeri 5 Purwokerto tahun pelajaran 2019/2020.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Purwokerto Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas, bulan Juni 2019 sampai dengan Oktober 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus perbaikan pembelajaran. subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX H yang berjumlah 32 siswa dengan rincian 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen untuk mengupulkan data adalah lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, dokumen dan hasil tes dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dari kondisi awal 56,32 menjadi 71,36 pada siklus II (kondisi Akhir). Di samping itu jumlah siswa yang mencapai batas kriteria ketuntasan minimal pun meningkat dari 9 siswa pada kondisi awal 23 siswa pada kondisi akhir.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model problem based learning dengan kartu true or false dapat meningkatkan hasil belajar Persamaan dan fungsi kuadrat.bagi siswa kelas IX H SMP Negeri 5 Purwokerto tahun pelajaran 2019/2020.


Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning,  True Or False

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhsani, L., & Muhammad, M. (2017). Strategi True Or False dengan Media Kartu Indeks pada Mata Kuliah Teori Graf. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 2(2).

Arief, H. S., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl), 1(1), 141–150. https://doi.org/10.23819/ pi.v1i1.2945

Erikalisdiana, D. S., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Penggunaan Strategi True Or False Terhadap Hasil. Jurnal Pena Ilmiah, 1. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3565/pdf

Leo, S., Noviandini, D., & Pattiserlihun, A. (2018). Metode Pengembangan Media Pembelajaran Model True or False Physics Fun Game Card. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 11(2), 65-72.

Maharani, A. (2019). Desain Bahan Ajar Materi Persamaan Kuadrat dengan Problem Based Learning Berbasis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Euclid, 6(1), 53. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1851

Masyuri, H. (1990). Asas-Asas Pembelajaran. IKIP Semarang Press.

Misu, L. (2015). Development of Settingmind Problem Based Learning (Pbl) Learning Devices Mapping Material Equations and Function of Squares in Class X Students. Journal Education Mathematics, 6(2), 139–157.

Nurhayati, N. (2017). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVA dalam Pembelajaran Pai dengan Strategi True Or False di SD Negeri 21 Batang Anai. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 30-43.

Pengembang, T. (1990). Psikologi Belajar. IKIP Semarang Press.

Silberman, M. . (2007). Active Learning (diterjemahkan Sarjuli.dkk). Pustaka Insan Madani.

Sujiranto. (2018). Model Pembelajaran Guru Abad 21. Mujahid Press.

Supiandi, M., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 4(2), 60–64. https://doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Prenadamedia Group.

Yelly, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe True or False Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 14 Padang (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sumatera Barat).
Published
2020-07-18
How to Cite
NURHAYATI, Erlin; AHSANI, Lukmanul. Meningkatkan Hasil Belajar Persamaan dan Fungsi Kuadrat melalui Model Problem Based Learning dengan Kartu True Or False. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 385-391, july 2020. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/1101>. Date accessed: 06 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1101.