Keefektifan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Tangram terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara hasil belajar kognitif matematika siswa kelas IV SD Gugus Larasati belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, hal ini disebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Model yang digunakan cenderung berpusat pada guru.Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Problem Based Learningberbantuan media tangram terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari KKM dengan nilai z hitung (0,9090) > z tabel (0,1736); hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dengan nilai thitung(5,1790)> ttabel (2,021). Rata-rata n-gain kelas eksperimen 0,6679 (sedang) dan rata-rata n-gain kelas kontrol0,299 (rendah).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media tangram efektif terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Gugus Larasati.
Downloads
References
Apriliani ,T.S. (2014). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Tangram Dengan Penerapan Model PAIKEM. Journal Of Elementary Education. 2(2):38
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada
Asriningtyas, Kristin F., Anugraheni I. (2018). Penerapan Pembelajaran PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1):23-32
Hamalik, Oemar. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ismail. (2016). Manajemen Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Tangram Pada Siswa SD di Kepahiang. Manager Pendidikan,10(5):455-463
Karyoto. (2015). Keefektifan PBL untuk meningkatkan kemampuan kritis matematik siswa sekolah dasar.Jurnal Tunas Bangsa, 1(2):76
Khoirina , Zulfatul. (2016). Pengaruh Media Tangram Terhadap Hasil Belajar Tema Lingkungan Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Khoir Nganjuk. JPGSD. 4(2): 315
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan
Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
Purnomo, D J., Asikin M,&Rahmawati I Junaedi. (2015). Tingkat Berpikir Kreatif Pada Geometri Siswa Kelas Vii Ditinjau Dari Gaya Kognitif Dalam Setting Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education.4(2):110-115
Puspasari, L, Zulkardi, & Somakin. (2015). Desain Pembelajaran Luas Segi Banyak Menggunakan Tangram Berpetak Di Kelas IV.Jurnal Inovasi Pembelajaran. 1(2):161
Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Schiro, Michael S. (2009). Mega-Fun Math Games and Puzzles For The Elementary Grades. San Fransisco:Jossey – Bass
Siew, N.M., Chin L.C, Mohamad R.A. (2013). Facilitating Students’s Geometric Thinking Through Van Hieles’s Phase-Based Learning Using Tangram.Journal of Social Sciences. 9(3) : 1
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Simone, Christina De. (2014). Problem-Based Learning in Teacher Education: Trajectories of Change. International Journal of Humanities and Social Science, 2(1):17-29
Sundayana, Rostina. (2018). Media dan Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Susanto, Achmad. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Trimurtini & Ahmadi, Farid. (2017). Tangram Interactive Game (TIG): Instructionalmedia In Learning Geometry. Proceeding 3rd International Conference on Theory and Practice (ICTP-2017) Adelaide, South Australia.
Utami, R.A. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III Melalui Media Tangram. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 13(1): 266

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright for all articles belongs to the authors. All other copyright is held by the journal.