Kemampuan Visualisasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Matematis Siswa

  • Bagus Suryo Kusumo Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Teguh Wibowo Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Dita Yuzianah Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya kemampuan visualisasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik kemampuan visualisasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan sikap matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode Polya untuk menganalisis timbulnya karakteristik kemampuan visualisasi. Penelitian dilakukan di SMA Purworejo pada siswa kelas X  semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X yang dipilih secara purposive sampling yaitu siswa dengan sikap matematis.Teknik pengumpulan data menggunakan angket sikap matematis, tes kemampuan visualisasi dan wawancara tidak terstruktur yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian tentang karakteristik kemampuan visualisasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yaitu, timbul ide/rencana penyelesaian akibat aktivitas memahami masalah yang dapat dilihat malalui aktivitas memahami dan penjabaran rumus yang digunakan; melaksanakan rencana (menguraikan) dan membayangkan/imajinasi visual menggunakan kemampuan analogi, terlihat pada gerakan tangan siswa yang berusaha mencocokan sesuatu dalam pemikirannya; diakhiri dengan representasi visual yang merupakan proses aktualisasi dari kemampuan visualisasi.


 


Kata kunci: kemampuan, visualisasi, matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, W. (2018). Deskripsi Tingkat Berpikir Visual dalam Memahami Definisi Formal Barisan Bilangan Real Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa Jurusan Matematika UNM. Makassar: eprints. Tersedia: http://eprints.unm.ac.id/10726/1/artikel%20penelitian.pdf diakses pada tanggal 9 November 2019 pukul 20.47 WIB

Arcavi, A. (2007). Mathematical thinking in japanese classrooms. Tersedia: https://apec.org/-/media/APEC/Publications/2008/3/Collaborative-Studies-on-Innovations-for-Teaching-and-Learning-Mathematics-in-Different-Cultures-II/TOC/Keynote-Speech-5-Mathematical-Thinking-in-Japanese-Classrooms.pdf diakses pada tanggal 9 November 2019 pukul 20.49 WIB

Creswell, John W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Katagiri S. 2004. Mathematical thinking and how to teach it. E-book (online). Tersedia: http://e-archives.criced.tsukuba.ac.jp/data/doc/pdf/2009/02/Shigeo_Katagiri.pdf diakses pada tanggal 6 November 2019 pukul 07.15 WIB

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Khalid, M. (2007). Incorporating mathematical thinking in addition and substraction of fraction: real issues and challenges. Tersedia: www.crme.kku.ac.th/APEC/PDF%202007/Madihah%20Khalid.pdf diakses pada tanggal 6 November 2019 pukul 07.15 WIB

Khoerunnisa, D. (2017). Pengaruh Pendekatan Visual Thinking terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Nurdin, E. (2015). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Visual Thinking Terhadap Sikap Siswa. Journal AdMathEdu Vol.5 No.2

Polya, G. (1973). How To Solve It. New Jersey : Princeton University Press. Tersedia: https://notendur. hi.is/hei2/teaching/Polya_HowToSolveIt.pdf diakses pada 7 November 2019 pukul 20.14 WIB

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Surya, E. (2010). Visual Thinking dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa dapat Membangun Karakter Bangsa. Journal Abmas Tahun 10 Nomor 10 Oktober 2010. Tersedia: http://jurnal.upi.edu/abmas/view/400/visual-thinking-dalam-memaksimalkan--pembelajaran-matematika-siswa--dapat--membangun-karakter-bangsa.html diakses pada tanggal 5 November 2019 pukul 08.40 WIB

Surya, Edy (2012) Visual Thinking dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa dapat Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika Vol.5 No.1. pp. 41-50. ISSN 1979-3545. Tersedia: http://digilib.unimed.ac.id/817/. Diakses pada tanggal 6 November 2019 pukul 07.49 WIB

Surya, E. (2014). Memicu Visualisasi dan Kreativitas dalam Pembelajaran Matematika Membentuk Karakter Positif Siswa. Jurnal Tematik Vol 4, No 02. Tersedia: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/3159 siakses pada tanggal 6 November 2019 pukul 07.15 WIB

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Wibowo T, dkk. 2017. Characteristics of Students Sensory Mathematical Imagination in Solving Mathematics Problem. Indonesia: International Electronic Journal of Mathematics Education Open Access, Volume 12 Issue 3, pp. 609-619

Widoyoko, E. P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2020-07-18
How to Cite
KUSUMO, Bagus Suryo; WIBOWO, Teguh; YUZIANAH, Dita. Kemampuan Visualisasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Matematis Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 329-338, july 2020. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/1200>. Date accessed: 06 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1200.