Analisis Gaya Belajar Siswa Tunagrahita Ringan Materi Perkalian di Sekolah dan di Rumah

  • Sudirman Sudirman Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Wiralodra Indramayu
  • Aan J. Senjaya Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Wiralodra Indramayu
  • Putri Erly S. W. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Wiralodra Indramayu

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa tunagrahita ringan pada materi perkalian di sekolah dan di rumah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas VIII SLBN 2 Indramayu Tahun Ajaran 2015/2016. Objek dalam penelitian ini adalah gaya belajar matematika materi perkalian. Analisis data penelitian dilakukan secara kualitatif dengan teknik Bogdan dan Biklen. Pengecekan data dilakukan dengan triangulasi untuk memeriksa keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gaya belajar siswa tunagrahita ringan pada materi perkalian di sekolah yakni 25% bertipe visual dan 75% bertipe kinestetik. Adapun, gaya belajar siswa tunagrahita ringan pada materi perkalian di rumah yakni 25% bertipe visual, 25% bertipe auditorial, dan 50% bertipe kinestetik.


Kata kunci: siswa tunagrahita ringan, gaya belajar matematika.


ABSTRACT


The aim of this study was to describe learning style of students with developmental disabilities when learning multiplication at school and at home. Subject of this study was students with hearing loss grade VIII SLBN 2 Indramayu while the object was learning styles students’ in learning multiplication. Data was analyzed by Bogdan and Biklen. Triangulation was used to validate the data. The result showed that learning style of students’ with hearing loss when learning multiplication at school were 25% visual and 75% kinesthetic, while they were 25% visual, 25% auditorial, and 50% kinesthetic at home.


Keywords: students with developmental disabilities, mathematics learning styles.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Kelas Inklusif. Tafaqquh: Jurnal Penelitian dan Kajian Keislaman, 4(1), 91-111.

Amriliyanto, A., & Ainin, I. K. (2013). Pembelajaran Chaining Bermedia Origami Terhadap Kemempuan Motorik Halus Anak Tungarhita Sedang. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3), 2-8.

Bess, F. H., Dodd-Murphy, J., & Parker, R. A. (1998). Children With Minimal Sensorineural Hearing Loss: Prevalence, Educational, Performance, and Functional Status. Ear and hearing, 19(5), 339-354.

Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1997). Qualitative research for education. Boston: Allyn & Bacon.

Utami, A. D. (2014). Strategi Guru Dalam Membelajarkan Matematika Pada Materi Lingkaran Kepada Anak Tunagrahita (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SLB Muhammadiyah Cepu) (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

DePorter, B., Hernacki, M., & Abdurrahman, A. (1999). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Kosasih, E. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: YramaWidya.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Febrika, E. I., Sugiyanto, S., & Risyak, B. (2015). Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi, 3(6).

Lestari, A. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Matematika Berbasis Gaya Belajar Vak (Visual, Auditorial, Kinestetik). Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–7.

Mardini, S. (2016). Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas Reguler Melalui Model Pull Out Di SD N Giwangan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 24-35.

Sadidah, A., & Wijaya, A. (2016). Developing Mathematics Learning Set for Special-Needs Junior High School Student Oriented to Learning interest and Achievement. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 150-161.

Sefni, F. (2014). Efektifitas Metode Proyek Pada Pembelajaran Keterampilan Bagi Anak Tunagrahita Sedang Kelas X SMALB Di YPAC Sumbar (Quasi Eskperimen). E-JUPEKhu, 3(3).
Published
2017-01-29
How to Cite
SUDIRMAN, Sudirman; SENJAYA, Aan J.; S. W., Putri Erly. Analisis Gaya Belajar Siswa Tunagrahita Ringan Materi Perkalian di Sekolah dan di Rumah. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-8, jan. 2017. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/451>. Date accessed: 22 july 2025.