Pengaruh Metode Scaffolding Berbasis Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyak siswa mengalami kesulitan belajar matematika khususnya siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode scaffolding berbasis kontruktivisme terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIE sebanyak 32 siswa. Uji analisis data menggunakan t-test dan n-gain test. Hasil uji t dengan bantuan SPSS menunjukkan bahwa sig = 0.000  0,05, nilai rata-rata klasikal mengalami kenaikan sebesar 15,63 dan berdasarkan g faktor (N-Gain) siswa mengalami peningkatan kompetensi yang cukup baik. Dengan demikian ada pengaruh metode pembelajaran scaffolding berbasis kontruktivisme terhadap hasil belajar matematika siswa. Metode pembelajaran scaffolding berbasis kontruktivisme dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran, karena selain dapat meningkatkan hasil belajar, siswa juga akan mendapatkan variasi pembelajaran sehingga mengurangi kejenuhan dan meningkatkan semangat maupun aktivitas siswa dalam belajar


Kata kunci: hasil belajar; konstruktivisme; scaffolding.


ABSTRACT


This study is motivated by the fact that many students have difficulties in learning mathematics especially for junior highschool students. This study aims to know the implementation of scaffolding method based on constructivism to students’ mathematics achievement. This is an experimental study with one group pretest and posttest design. The sample were 32 students grade VIII. Data is analyzed by t-test and n-gain test. T-test result shows that sig=0,000<0,05, The average score increases 15,63 and based on N-gain test shows that students competence increases too. It means that scaffolding method based on constructivism influence students’ mathematics achievement significantly. Thus scaffolding method based on constructivism can be implemented in any instruction, because it can increase students’ achievement and students will get learning variation that can reduce boredom and motivate them to learn actively.


Keywords: mathematics achievement; constructivism; scaffolding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anghileri, J. (2006). Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9(1), 33-52.

Anthony, G., & Walshaw, M. (2009). Characteristics of Effective Teaching of Mathematics: A View From the West. Journal of Mathematics Education, 2(2), 147-164.

Bikmaz, F. H., Çeleb, Ö., Asl?han, A. T. A., Eren, Ö. Z. E. R., Soyak, Ö., & Reçber, H. (2010). Scaffolding Strategies Applied by Student Teachers to Teach Mathematics. The International Journal of Research in Teacher Education, 1(3), 25-36.

Chairani, Z. (2015). Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Fuady, A. (2010). Paradigma Baru Dalam Pendidikan Dan Pembelajarn Learning Is Fun. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Herbst, P. G. (2006). Teaching Geometry With Problems: Negotiating Instructional Situations and Mathematical Tasks. Journal for Research in Mathematics Education, 313-347.

Hutagaol, K. (2007). Pembelajaran Matematika Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Mamin, R. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. CHEMICA, 9(2), 55-60.

Rangkuti, A. N. (2016). Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika. Darul'ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 2(2), 61-75.

Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Jilid 2. Jakarta: PT.Indeks.

Sopamena, P. (2009). Konstruktivisme dalam pendidikan matematika. Horizon Pendidikan, 4(1), 91-100.

Sukestiyarno. (2011). Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS (Disiapkan untuk Para Pengolah Data Administrasi dan Para Peneliti). Semarang: UNNES.

Yuniawatika. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi Eksperimen di Kelas V Sekolah Dasar Kota Cimahi). Jurnal Penelitian Pendidikan, 1, 105-119.
Published
2017-01-19
How to Cite
. Pengaruh Metode Scaffolding Berbasis Konstruktivisme terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 9-16, jan. 2017. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/452>. Date accessed: 22 july 2025.