Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa di kelas VIII yang berjumlah 33 siswa. Prosedur penelitian menggunakan dua siklus dengan metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase untuk pemahaman konsep ditunjukkan dengan hasil belajar, pada siklus I siswa yang memperoleh kriteria tuntas mencapai 72,73% dan pada siklus II mencapai 87,88%. Sedangkan keaktifan klasikal untuk kriteria aktif pada siklus I mencapai 59,09% dan pada siklus II mencapai 68,94%. Untuk hasil akhir aktivitas siswa adalah tergolong kiteria cukup aktif.Dengan demikian, pemahaman konsep dan aktivitas siswa dapat ditingkatkan melalui implementasi model problem based learning.


Kata kunci: pemahaman konsep; aktivitas; model problem based learning


 


ABSTRACT


The aim of this research is to improve mathematics learning quality and students’ activity. Sample of this research were 33 students of grade 8th. Data collection method used in this research are two cycle of test, observation and documentation, the data was analyzed by descriptive precentage.The result shows that the percetage of concept understanding is represented by students’ achievement.Students which have passed the KKM is 72,73% in 1st cycle, and 87,88% in 2nd cycle.Students which active during mathematic lesson is 59,09% in 1st cycle and 68,94% in 2nd cycle.Thus, students’ activity and understanding conceptcan be improved by implementing problem based learning.


Keywords: concept understanding, students’ activity, problem based learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyaningsih, R., & Asikin, M. (2015). Komparasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Matematika Humanistik dan Problem Based Learning dalam Setting Model Pelatihan Innomatts. Jurnal Nalar Pendidikan, 3(1).

Crowley, B. M. (2015). The effects of problem-based learning on mathematics achievement of elementary students across time. Masters Theses & Specialist Projects. Paper 1446.http://digitalcommons.wku.edu/theses/1446.

Eric, C.C.M. (2011). Primay 6 Students Attitudes toward Mathmatical Problem Solving in a Probalem Based Learning Setting. The Mathematics Educator, 13(1), 15-31.

Hwang, Y. (2013). A Longitudinal Study Investigating the Effects of the PBL Approach in Secondary Mathematics Education.

Jaisook, S., Chitmongkol, S., Thongthew, S., Niyomsap, S., Rodpothong, S., Phompun, C., ... & Modehiran, P. (2013). A Mathematics Instructional Model by Integrating Problem-Based Learning and Collaborative Learning Approaches. Silpakorn University Journal of Social Sciences, Humanities, and Arts, 13(2), 271-294.

Padmavathy, R.D, Mareesh, K. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning in Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal, 2(1), 45-51.

Botty, H. M. R. H., & Shahrill, M. (2015). Narrating a teacher’s use of structured problem-based learning in a mathematicslesson. Asian Journal of Social Sciences & Humanities Vol, 4, 1.

Mariani, S. W., & Kusumawardani, E. D. (2014). The Effectiveness of Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Ability in Grade VIII on Geometry Subject Matter. Internasional Journal of Education and Research, 2(2), 531-548.

Schmidt, H. G., Rotgans, J. I., & Yew, E. H. (2011). The process of problem?based learning: what works and why. Medical education, 45(8), 792-806.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(2), 68-73.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK.

Yusmanah, Kresnadi, H., & Marli, S. (2013). Peningkatan Keterampilan Bertanya dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).
Published
2017-01-19
How to Cite
. Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 25-33, jan. 2017. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/454>. Date accessed: 22 july 2025.