Penerapan Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Siswa Materi Statistika

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh prestasi dan keaktifan siswa yang masih rendah pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Group Investigation (GI) dalam meningkatkan prestasi dan keaktifan siswa pada pembelajaran Statistika. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah 36 siswa kelas XI IPA semester gasal SMA Negeri 1 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru dan aktivitas siswa telah memenuhi indikator dengan pelaksanaan PTK selama 2 siklus, sedangkan hasil belajar siswa dan prosentase ketuntasan 100% tercapai dengan penerapan PTK selama 3 siklus. Jadi, Group Investigation direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan prestasi dan keaktifan siswa khususnya pada pembelajaran statistika.


Kata kunci: grup investigasi, prestasi matematika, keaktifan siswa, statistika.


 


ABSTRACT


This research is motivated by the low students’ mathematics achievement and learning attitude. This is an action research which aimed to know the implementation of Group Investigation to improve mathematics achievement and to trigger them to participate the lesson actively. The subject of this research were 36 students of XI IPA SMA Negeri 1 Semarang. It needed 2 cycles of the research to improve teachers’ and students’ performance while it needed 3 cycles to increase students’ mathemathics achievement and to get 100% of students who passed the requirement score. Thus, Group Investigation is recomended to be applied to mathematics instruction especially statistics in order to improve students’ mathematics achievement and to learn actively.


Keywords: group investigation, mathematics achievement, students’activity, statistics.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amala, P.L. (2014). Studi Korelasi Antara Penggunaan Media Pembelajaran dengan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Moga Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Irwan, N., & Sani, R. A. (2015). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Teamwork Skills terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 41-48.

Fitriana, L. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa (Doctoral Dissertation, Universitas Sebelas Maret Surakarta).

Purwadi, S. S., & Budiyono, S. Y. S. (2013). The Effect of the Contextual, the Problem-Based, and the Group Investigation Learning Models on the Short Story Appreciation Ability Viewed from the Verbal Linguistic Intelligences.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Raja Grafindo, Jakarta.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Salamor, R. (2013). Pembelajaran Group Investigation dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Concept Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sharan, S., Sharan, Y., & Tan, G. C. I. (2013). The Group Investigation Approach to Cooperative Learning. C.

Hmelo-Silver, C. Chinn, C., A. O'Donnell, C. Chan, C.(Eds.), International Handbook of Collaborative Learning, 351-369.

Tavakoli, Y., & Soltani, A. (2014). The Effect of Cooperative Learning on Students' Social Skills in the Experimental Science Course. Journal of Education and Practice, 5(7), 36-44.
Published
2017-07-23
How to Cite
. Penerapan Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Siswa Materi Statistika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 150-157, july 2017. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/491>. Date accessed: 04 july 2025.