Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII

  • Aini Fitriyah UIN Walisongo Semarang
  • Indah Khaerunisa UIN Walisongo Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII yang dibelajarkan dengan metode drill berbantuan permainan engklek termodifikasi dan metode konvensional. Modifikasi pada permainan engklek dalam penelitian ini dilakukan pada teknik permainan dan pola engklek yang disusun dari sekumpulan bangun segitiga, jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, layang-layang, dan trapesium. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain dari penelitian ini menggunakan true eksperimental design dengan jenis pre test-post test control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Uswatun Hasanah Mangkang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling tipe sampling jenuh dan terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Pengujian hipotesis dengan uji-t, diperoleh bahwa thitung= 2,895 dan pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel= 1,691. Karena thitung>ttabel maka H1 diterima. Hal ini berarti bahwa rata-rata nilai yang diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol sehingga terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode drill berbantuan permainan engklek termodifikasi berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VII MTs Uswatun Hasanah.


Kata kunci: metode drill, permainan engklek termodifikasi, kemampuan pemecahan masalah.


ABSTRACT


The aim of this study is to find out the significant difference of problem solving abilities of learning outcomes of students that were taught in drill method with modified engklek game and conventional method. In this research, the traditional engklek game is modified on techniques and patterns that are composed of triangle, parallelogram, square, rectangle, rhombus, kite, and trapezoid. This qualitative research is  true eksperimental design by using pre test-post test control design. The population is whole students on grade VII of MTs Uswatun Hasanah, Mangkang. The samples are choosen by using non probability sampling technique with saturated sampling and obtained that grade VIIB as an experimental class and VIIA as a control one. Based on hypothesis analyzing by using t-test, we have tarithmetic=2,895 and ttable= 1,691 at siginificant scale 5%. Bacause of  tarithmetic>ttable, so that H1 is accepted. That means learning outcomes on experimental class is better than control class. That result shows the significant difference of problem solving abilities between both classes. So this study found the influence of drill method with modified engklek game to mathematical problem solving abilities of grade VII students of MTs Uswatun Hasanah.


Keywords: drill method, modified engklek game, problem solving abilities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah, S. (2009). Teknologi Pembelajaran, Surakarta: Yuma Pustaka.

Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Febriyanti, C., Rendi P., Ari I. (2018). Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Engklek Dan Gasing Khas Kebudayaan Sunda, Barekeng (Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan), 12 (1), 1-6.

Jaelani, A. & Siti A. (2017). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas III MIN Kota Cirebon, Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4 (1), 87-96.

Kirkley, J. (1998). Principles For Teaching Problem Solving. Diunduh di http://www. regearchgate.net>publication tanggal 4 Juni 2017.

Kurniawan, M. R. (2018). Analisis Permainan Tradisional Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar, Metodik Didaktik, 13 (2), 99-105.

Muhtarom, Nizaruddin, & Sugiyanti. (2016). Pengembangan Permainan Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP. Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang. 5(1): 20-31.

Nugraheni, N. (2017). Implementasi Permainan pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 142-149.

Pebryawan, K (2015). Engklek Sebagai Sarana Pembelajaran Yang Asik di Tengah Permainan Modern, Magistra, No 92 Th. XXVII, 62-68.

Purwaningsih, E. (2006). Permainan tradisional Anak: Salah Satu Khasanah Budaya yang perlu dilestarikan, Jentra (Jurnal Sejarah dan Budaya), 1 (1), 40-46.

Risdiyanti, I., & Prahmana, R. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal Of Medives : Journal Of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1-11.

Saparwadi, L. (2016). Efektivitas Metode Pembelajaran Drill dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau dari Minat dan Prestasi Belajar Matematika Peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Hamzanwadi Selong. 3(1).

Schunk, D.H. (2012). Learning Theories An Educational Perspective Teori-Teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiarti, A. & Hasibuan R. (2017). Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Lambang Bilangan Kelompok A TK Tunas Harapan Plandaan Jombang, Jurnal PAUD Teratai, 6 (3), 1-4.
Published
2018-07-20
How to Cite
FITRIYAH, Aini; KHAERUNISA, Indah. Pengaruh Penggunaan Metode Drill Berbantuan Permainan Engklek Termodifikasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 267-277, july 2018. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/653>. Date accessed: 20 may 2024.