Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan metode eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP Lampung Selatan. Simple random sampling merupakan teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis N-gain kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi relasi dan fungsi diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa.
Kata kunci: Auditory Intellectually Repetition, pemahaman konsep.
ABSTRACT
This study aims to determine whether the increasing of students mathematical concepts understanding on the class with Auditory Intellectually Repetition (AIR) model is better than on the class with usual learning models. This study is a quantitative research by using the quasi-experimental method. The design is Pretest-Posttest Control Group Design. The population is all of eighth grade students of a Junior High School in South Lampung. Simple random sampling technique is used to get the sample. The VIII A class is the experimental class and VIII B class is the control class. Based on the results of the N-gain hypothesis test of the ability to understand mathematical concepts in relation and function material, the understanding of students' mathematical concepts with the Auditory Intellectually Repetition (AIR) learning model is better than students who use usual learning models.
Keywords: Auditory Intellectually Repetition, concept understanding.
Downloads
References
Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–78.https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.
Anwar, C. (2014). Hakikat Manusia dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: SUKA-Press.
Delyana, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. LEMMA?: Letters of Mathematics Education, 2(1). https://doi.org/10.22202/jl.2015.v2i1.523
Gita, A., Murnaka, N. P., & Sukmawati, K. I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) sebagai Upaya Mengatasi Miskonsepsi Matematis Siswa. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 65–76. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.521
Handayani, I. M., Pujiastuti, E., & Suhito, S. (2014). Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i1.3271
Herawati, O. D. P., Siroj, R. A., & Basir, M. D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 70–80.
Linuwih, S., & Sukwati, N. O. E. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Pemahaman Siswa pada Konsep Energi Dalam. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 158–162. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3451
Murizal, A. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1138
Murnaka, N. P., & Dewi, S. R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 163–171.https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.637
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics (Vol. 1). National Council of Teachers of Mathematics.
Noor, H. (2015). Memotret Data Kuantitatif (Untuk Skripsi, Tesis, Disertasi). Semarang: CV. Duta Nusindo Semarang.
Novalia, M., & Syazali, M. (2014). Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Rahaja.
Nuryadi, N., & Khuzaini, N. (2016). The Effectiveness of Team’s Game Tournament Seen From Communication and Problem Solveing Capabilities (Experimental Study of Class VIII students in SMP Negeri 1 Seyegan). Jurnal Mercumatika?: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i1.185
Purniawati, S., & Purniawati, S. (2013). Implementasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetiton (Air) pada Materi Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP N 1 Pabelan (Thesis). Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW. Retrieved from http://repository.uksw.edu/handle/123456789/3616
Putra, R. W. Y. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Metode Accelerated Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif. Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 211–220.https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.36
Rahman, A. (2012). Implementasi CTL dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/1139
Rizqi, V. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Dengan Gaya Belajar-VAK. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 124–133.
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). Pembelajaran etnomatematika untuk menurunkan kecemasan matematika. Jurnal Mercumatika?: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.295.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright for all articles belongs to the authors. All other copyright is held by the journal.