Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Fungsi Kelas X SMA

  • Ferry Ferdianto Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Frisca Shella Fadiyah Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Mohamad Dadan Sunawan Universitas Swadaya Gunung Jati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis Problem Based Learning pada materi fungsi untuk siswa SMA yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, keefektifan, dan respons siswa terhadap LKS. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penulis memiliki keterbatasan waktu dan tenaga, sehingga penulisan dilakukan hingga tahap develop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sebanyak 36 siswa di SMA Negeri 1 Karangwareng. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengukur keefektifan, dan angket respon siswa terhadap LKS. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP dari lima validator yaitu 91% dengan kriteria sangat baik dan skor rata-rata LKS dari lima validator yaitu 92% dengan kriteria sangat baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil pretest dan post-test dengan peningkatan persentase ketuntasan dari 2,8% menjadi 72%. Respons siswa sebesar 76% menunjukkan respons yang positif terhadap perangkat pembelajaran berupa LKS.


Kata kunci: model Problem Based Learning, kemampuan pemecahan masalah matematis.


 


ABSTRACT


This study aims to develop learning tools in the form of RPP and LKS based on Problem Based Learning in the function material for high school students which is oriented to problem solving abilities. The quality of the product being developed is assessed based on the validity, effectiveness, and response of students to the LKS. The learning tool development procedure refers to the 4-D development model, namely Define, Design, Develop, and Disseminate (Distribution). Because of the limitations of the author, the writing is done up to the develop stage. The subjects of this study were 36 students of class X MIPA 1 as many as 36 students in SMAN 1 Karangwareng. The instruments used to measure the quality of learning tools developed are lesson plan assessment sheets and student worksheets to measure validity, test problem solving abilities to measure effectiveness, and questionnaires to students' responses to worksheets. Validity quality of learning devices meets valid criteria based on average RPP scores from five validators, namely 91% with very good criteria and an average score of LKS from five validators, namely 92% with very good criteria. The quality of the effectiveness of learning devices meets the effective criteria based on the results of pretest and post-test with an increase in completeness percentage from 2.8% to 72%. Student responses of 76% showed a positive response to learning equipment in the form of LKS.


Keywords: Problem Based Learning, mathematical problem solving ability.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, N. I., Tarmizi, R. A., & Abu, R. (2010). The Effects of Problem Based Learning on Mathematics Performance and Affective Attributes in Learning Statistics at Form four Secondary Level. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 370–376.

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37–47.

Ferdianto, F., Setiyani, S., & Maharani, A. (2015). Uji Komparasi Antara Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa yang Berasal Dari Lulusan Sma IPA dan Bukan IPA Pada Mata Kuliah Kalkulus III Di Unswagati Cirebon. Euclid, 2(1).

Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Pada Perkuliahan Kalkulus Integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320–333.

Herdiana, Y. (2017). Perbandingan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Antara Discovery Learning Dan Problem Based Learning. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 131–146.

Lukman, H. S. (2014). Implementasi Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Dan Self-Regulated Learning Siswa Sma: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Salah Satu Sekolah Menengah Atas di Kota Sukabumi (PhD Thesis). Universitas Pendidikan Indonesia.

Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pariska, I. S. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Masalah. Journal Pendidikan Matematika UNP, 1(1).

Rohati, R. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Materi Sistem Persamaan Linear dengan Strategi Problem Based Learning untuk Kelas X SMA. EDUMATICA| Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 26–34.

Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Problem-Based Learning. jurnal riset pendidikan matematika, 2(2), 197–210.

Suryaningtyas, W., & Shoffan. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran “Busaka” (Buku Saku Statistika) dengan Model 4D-Thiagarajan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (SENDIKMAD 2014).

Susanti, Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Statistik Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 305–319.

Via, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Saintifik. Wahana, 64(1), 49–57.

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2 Juli).

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran (Vol. 91). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wirdaningsih, S., Arnawa, I. M., & Anhar, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 275–289.

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274.

Zeila, W. Z., Hobri, H., & Suharto, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbantuan Komik POP UP dengan Model Problem Based Instruction (PBI) Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok Untuk Siswa SMP Kelas VIII. KadikmA, 5(3).
Published
2019-07-22
How to Cite
FERDIANTO, Ferry; FADIYAH, Frisca Shella; SUNAWAN, Mohamad Dadan. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Fungsi Kelas X SMA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 165-176, july 2019. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/799>. Date accessed: 06 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.799.