Efektivitas Think Pair Share dengan Komik Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis

  • Rosafika Aziza Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sri Adi Widodo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Denik Agustito Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Think Pair Share dengan komik matematika ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design. Ukuran sampel adalah 68 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Pemecahan Masalah Matematika. Teknik analisis data digunakan dengan menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kemampuan memecahkan masalah matematis, model pembelajaran model Think Pair Share dengan menggunakan komik matematika lebih efektif daripada pembelajaran Think Pair Share tanpa menggunakan komik. Berkaitan dengan ini komik dapat digunakan sebagai alternatrif dalam pemilihan media pada pembelajaran matematika.


 


Kata kunci: Think Pair Share, komik, kemampuan memecahkan masalah matematis.


 


ABSTRACT


The purpose of this study was to study the learning model of Paired Thinking Sharing with mathematical comics in terms of mathematical problem-solving skills. The research method used is an experiment with the design of Posttest-Only Control Design. The sample size was 68 students taken using cluster random sampling technique. The instrument used in this study is the mathematical problem-solving test. Data analysis technique used by using parametric statistical test is t-test. The results of the study show that  , Think Pair Share learning model by using mathematical comics is more effective to solve mathematical problems than Think Pair Share learning without using comics. It is recommended to use comics as an alternative in selecting media in mathematics learning.


Keywords: Think Pair Share, comic, mathematical problem solving skill.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Widodo, S., Turmudi, T., Afgani Dahlan, J., Istiqomah, I., & Saputro, H. (2018). Mathematical Comic Media for Problem Solving Skills. In International Conference on Advance & Scientific Innovation (pp. 101–108).

Arindiono, R. Y., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Untuk Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 28–32.

Ary, D., Jacobs, L. C., Irvine, C. K. S., & Walker, D. (2018). Introduction to Research in Education. Cengage Learning.

Astarini, P., Rati, N. W., & Dibia, I. K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TAI Berbantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4 No:1.

Astra, G. N. W., Suarjana, I. M., & Suwatra, I. I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa IV Gugus IV Kecamatan Sukasada. Mimbar PGSD Undhiksa, 1(1).

BSNP. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Dasar dan Menengah (2006).

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Budiyono. (2004). Statistika Untuk Penelitian. Solo: UNS Press.

Cohen, L., Manion, L., Lecturer, P., Morrison, K., & Lecturer, S. (2007). Research Methods in Education.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. London: Pearson.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.

Ena, O. T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Lingkar Widyawiswara, 1(4), 104–117.

Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16, 249–259.

Gita Andriani, D., & Atmojo, T. K. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Dan Think Pair Share Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa SMP Se-Kota Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 651–660.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD, 2(1).

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica, 7(1), 44–54.

Indarwati, D., Wahyudi, & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problembased Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17–27.

Indaryati, & Jailani. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motvasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96.

Insani, M. D. (2016). Studi Pendahuluan Identifikasi Kesulitan Dalam Pembelajaran Pada Guru IPA SMP Se-Kota Malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 81¯ 93.

Irfan, M. (2015). Pemanfaatan Gadget Dalam Pembelajaran Matematika serta Pengaruhnya Pada Mahasiswa yang Mengalami Math-Anxiety Di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa pada Mata Kuliah Persamaan Differensial. SCIENCE TECH: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 1(1).

Ismail, H. H., Duskri, M., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2018). Analysis of Student Ability in Solving PISA-Like Math Problems?: a case study in SMPN 8 Banda Aceh, Indonesia. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM), 06(12), 139–143.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Peluang | 18, 1(1), 18–36.

Kurniawan, H. (2012). Upaya Peningkatan Fektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sidomulyo Tahun Pelajaran 2011/2012. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 43–63.

Lastiningsih, N., Mutohir, T. C., Riyanto, Y., & Siswono, T. Y. E. (2017). Management of the School Literacy Movement (SLM) Programme in Indonesian Junior Secondary Schools. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(4), 384–389.

Lidinillah, D. A. M. (2011). Heuristik Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dan Pembelajarannya Di Sekolah Dasar. Jurnal Elektronik Universitas Pendidikan Indonesia, 1–11.

Margi, I. K. (2015). Komik Tradisional Prasi Berbasis Inovasi Sumber Belajar: Meretas Dominasi Buku Teks Dalam Pembelajaran Sejarah. In Prosiding Seminar Internasional 2015 Contribution Of History For Social Sciences And Humanities (pp. 54–62).

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran Akuntansi Keuangan Melalui Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 61–68.

Muliyardi, Putra, A. A., Armiati, & Ahmad, S. (2005). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Dalam Bentuk Komik Pada Sekolah Dasar Di Kota Padang. Padang.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. New York: TIMSS & PIRLS.

Nasution. (2003). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksaara.

Ningrum, E. K., Purnami, A. S., & Widodo, S. A. (2017). Eksperimentasi Team Accelerated Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika (JNPM), 1(2), 218–227.

Nur, A. S., & Rahman, A. (2013). Pemecahan Masalah Matematika Sebagai Sarana Mengembangkan Penalaran Formal Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Sainsmat, 2(1), 84–92.

Prasetyo, Z. K. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Yogyakarta.

Pratiwi, W., & Kurniawan, R. Y. (2013). Penerapan Media Komik Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Online Unesa, 1–16.

Puadi, E. F. W., & Muhammad Irfan Habibie. (2018). Implementasi PBL Berbantuan GSP Software Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Indomath: Indonesia Mathematics Edcuation, 1(1), 19–26.

Putro, G. B., Zacky, A., & Waluyanto, H. D. (2014). Perancangan Buku Kartun Opini yang Diadaptasi dari Lagu Bertema Kritik Sosial Politik di Indonesia. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 1–12.

Reiser, R. A., & Gagne, R. M. (1982). Characteristics of Media Selection Models. Review of Educational Research, 52(4), 499–512.

Suarjana, I. Ma. (2013). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Matematika II Berpendakatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 145–154.

Sudjana, N., & Rivai, R. (2005). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. (UPI & IMSTEP, Ed.). BAndung.

Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran Hakikat, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Trisniawati, Muanifah, M. T., Widodo, S. A., & Ardiyaningrum, M. (2019). Effect of Edmodo towards interests in mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1188, 012103.

Turmudi. (2008). Landasan Filosofis dan Teoritis Pembelajaran Matematika (Berparadigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: Leuser Citra Pustaka.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahyuningsih, A. N. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf Untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9.

Waluyanto, H. D. (2005). Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 7(1), 45–55. https://doi.org/https://doi.org/10.9744/nirmana.7.1.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Widodo, S A, Istiqomah, Leonard, Nayazik, A., & Prahmana, R. C. I. (2019). Formal student thinking in mathematical problem-solving. Journal of Physics: Conference Series, 1188, 012087.

Widodo, Sri Adi. (2012). Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Dimensi Healer. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 978–979).

Widodo, Sri Adi. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 106–113.

Widodo, Sri Adi. (2015a). Keefektivan Team Accelerated Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 127–134.

Widodo, Sri Adi. (2015b). Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Pada Tingkatan Kemampuan Awal Siswa SMP Kelas VIII Dengan Menggunakan Model Team Accelerated Instruction. In Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret (pp. 485–496). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Widodo, Sri Adi. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160.

Widodo, Sri Adi, Darhim, & Ikhwanudin, T. (2018). Improving mathematical problem solving skills through visual media Improving mathematical problem solving skills through visual media. Journal of Physics: Conf. Series, 948(1), 1–6.

Widodo, Sri Adi, Prahmana, R. C. I., Purnami, A. S., & Turmudi. (2017). Teaching materials of algebraic equation. Journal of Physics: Conf. Series, 943(1), 1–6.

Widodo, Sri Adi, & Purnami, A. S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII SMP Se-Kota Jogjakarta Tahun Akademik 2014-2015. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Widodo, Sri Adi, & Turmudi. (2017). Guardian Student Thinking Process in Resolving Issues Divergence. Journal of Education and Learning, 11(4), 431–437.

Windari, F., Dwina, F., & Suherman. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 25–28.

Yuniati, N., Purnama, B. E., & Nugroho, G. K. (2011). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi –, 3(4), 25–29.

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa SMA Kelas X. Pythgoras, 5(2), 113–119.
Published
2019-07-24
How to Cite
AZIZA, Rosafika; WIDODO, Sri Adi; AGUSTITO, Denik. Efektivitas Think Pair Share dengan Komik Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 261-272, july 2019. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/858>. Date accessed: 29 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.858.