Hubungan antara Konsep Diri dengan Prestasi Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Teori Grup
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah teori grup. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV kelas E Program Studi pendidikan Matematika FKIP UNSIKA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket konsep diri dan hasil akademik mahasiswa. Dari hasil analisis korelasi sederhana, diperoleh nilai koefisien korelasi antara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa sebesar 0,41. Berdasarkan perolahan data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa pada mata kuliah teori grup.
Kata kunci: konsep diri, prestasi akademik, teori grup.
ABSTRACT
The purpose of this research is to describe the corelation betwen self-concept with academic achievement college student in teori grup courses.This research is quantitative experiment with descriptive methode. The subject of this research is college student of Fourth Semester on E Class in Educational Faculty of Singaperbangsa University. The instrument of research is some self-concept questionnaire and academic achievement college student score. The result of simple corelation analysis is 0,41. Based on the data, it concluses that there is positive and significant corelation between self-concept and academic achievement college student in teori grup courses.
Keywords: self-concept, academic achievement, teori grup.
Downloads
References
Astuti, E. P. (2010). Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Kalkulus Lanjut Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang, 1(2).
Firmanto, A. (2010). Hubungan Konsep Diri dan Prestasi Belajar Siswa SMA Shalahuddin Malang. SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
Handayani, F. (2013). Hubungan Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 1(2).
Irawati, N., & Hajat, N. (2012). Hubungan antara Harga Diri (self Esteem) dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMKN 48 di Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Econosains, 10(2), 193–210.
Listiawati, E. (2015). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Pada Konsep Grup. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1(2), 76–86.
Prasetyo, A. (2013). Pengaruh Konsep Diri dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal, Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Fakutas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Rensi, R., & Sugiarti, L. R. (2011). Dukungan Sosial, Konsep Diri, dan Prestasi Belajar Siswa SMP Kristen YSKI Semarang. Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2).
Rosmaiyadi, R. (2018). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59–70.
Slamet, H. W. (2004). Problematika Pengajaran Kalkulus-1 Mahasiswa Semester Awal. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 16(1).
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright for all articles belongs to the authors. All other copyright is held by the journal.