Efektivitas Video Digital Storytelling terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Trigonometri

  • Denok Julianingsih STKIP Bina Insani Mandiri
  • Endang Krisnawati STKIP Bina Insani Mandiri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan video Digital Storytelling dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan video Digital Storytelling, 2) efektivitas penggunaan video Digital Storytelling terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 4 pada siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik probability sampling. Desain pada penelitian ini menggunakan model pretest - posttest control group design. Pengumpulan data dengan menggunakan soal pretest dan posttest menggunakan skor pretest dan skor posttest. Teknik analisa data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan video Digital Storytelling dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan video Digital Storytelling. Perbedaan rata-rata hasil belajar antara post-test eksperimen dengan post-test kontrol dari hasil uji Independent Sample Test  tersebut adalah 8.67778 sehingga media Digital Storytelling efektif digunakan dalam pembelajaran trigonometri. Penggunaan video Digital Storytellling terbukti efektif digunakan pada pembelajaran trigonometri karena berdasarkan hasil uji independent sample test menunjukkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata kunci: media pembelajaran, video digital storytelling, hasil belajar.


ABSTRACT


This study aims to determine: 1) differences in student learning outcomes taught using Digital Storytelling videos and students taught without using Digital Storytelling videos, 2) the effectiveness of using Digital Storytelling videos on student learning outcomes. This research was conducted at Muhammadiyah 4 High School in class X students. This study was an experimental study with sampling using probability sampling techniques. The design in this study used a pretest - posttest control group design model. Data collection using pretest scores and posttest scores. The data analysis technique used is descriptive analysis and inferential analysis. The results showed there were differences in the average learning outcomes of students who were taught using Digital Storytelling videos with students who were taught without using Digital Storytelling videos. The difference in average learning outcomes is 8.67778 so that the Digital Storytelling media is effectively used in trigonometric learning.


Keywords: learning media, digital video storytelling, learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggadewi, Brigita ET. (2017). Digital Storytelling Sebagai Media Guru Untuk Mengembangkan Komunikasi Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. ISBN: 978-602-1145-49-4. (online)

Asri, Atiqah Nurul., dkk. (2017). Penerapan Digital Storytelling Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Program Studi Manajemen Informatika. www.researchgate.net/publication/329642196. (online)

Djamarah, Syaiful Bahri. & Zain, Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir Edisi Keenam Terjemahan: Satrio Wahono. Jakarta: Permata Puri Media. Boston: Pearson Education.

Krisnawati, Endang. & Julianingsih, Denok. (2019). Efektivitas Penggunaan Video Digital Storytelling Pada Materi Trigonometri di Kelas X Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika) Vol 5. No. 2, PP. 55 – 62. (online)

Prananta, Yunina Resmi, dkk. (2017). Pengembangan Media Boneka Tangan Berbasis Digital Storytelling. JPTPP (Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, dan Pengembangan) Vol. 2. No.5 Mei hal. 627 – 636. EISSN: 2502 – 471X. (online)

Prananta, Yunina Resmi. (2016). Pemanfaatan Digital Storytelling Sebagai Media Pembelajaran Tematik di SD. Seminar Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan aspek psikologinya. digilib.mercubuana.ac.id. (online)

Prasetyowati, Didin Astriani. (2016). Analisis Statistik-Teori dan Aplikasi Menggunakan SPSS (ebook). Fakultas Ilmu Komputer – Universitas Indo Glonal Mandiri Palembang.

Purwanti, Budi. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Vol. 3 no. 1 Januari hal 42 – 47. ISSN: 2337-7623, EISSN: 2337-7615. (online)

Rohmawati, Rizka Novia. (2014). Keefektifan Digital Storytelling Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Siswa SMA Pada Materi Bioteknologi. Jurnal BIOEDU (Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi). Vol 3 no. 3 Agustus. ISSN: 2302-9528. (online)

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. (2016). Digital Storytelling Interaktif dan Menggembirakan Menggunakan Augmented Reality. Prosiding Seminar Nasional ELINVO. ISSN: 2477-2402

Surwantini, Eti. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Visual Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Gugus 01 Imogiri, Bantul. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol.8 no. 2, September. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i2.8273. (online)

Qoidah, Riana Fathonatul. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Digital Storytelling Dalam Pembelajaran Menulis Teks Narrative: Studi Kasus di SMP Negeri 1 Widodaren Ngawi. Prosiding Seminar Nasional KALUNI Vol.1. (online)
Published
2020-01-20
How to Cite
JULIANINGSIH, Denok; KRISNAWATI, Endang. Efektivitas Video Digital Storytelling terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Trigonometri. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 129-139, jan. 2020. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/975>. Date accessed: 03 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.975.