Pengaruh Model Core dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

  • Putri Safrina Wahyuningtyas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yani Setiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Etika Khaerunnisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

This research is motivated by the low ability of problem solving skills of junior high school students. So that a learning model needed that can enhance this ability. The CORE model with open ended approach is believed to be able to improve problem solving skills in junior high school students. The research was conducted in Junior High School 8 Serang 2018/2019 academic year which aim to see the influence of CORE model with open ended approach on problem solving skills of junior high school students. The research method used in this study is quasi-experimental with the type of design that is the nonequivalent pretest posttest control group design. This studi involved two classes consisting of the experimental class and the control class. The population in this study were all students of class grade VII of Junior High School 8 Serang. The sample of this tudy was the VII A class as experimental class and VII B class as control class. The instrumen used in this study was a mathematical problem solving test instrument. The result of the study provide the conclution that there is an influence of CORE model with open ended approach on problem solving.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiani, E. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan.

Arifah, Y.N. dkk. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran CORE Berbantuan Strategi Studi Kasus terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1): 124-130.

Husniah, G. N., Maulana, M, dkk. 2017. Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadao Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Motivasi Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 1: 841-850.

Jacob, C. 2005. Pengembangan Model CORE dalam Pembelajaran Logika dengan Pendekatan Reciprocal Teaching bagi Siswa SMA Negeri 9 Bandung dan SMA Negeri 1 Lembang. Laporan Piloting FMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Jihad, A. & Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Khafidhoh, S. 2014. Penerapan Model Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX MTs Negeri Mojokerto. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Kusumah, Y. 2010. Dampak Pendidikan Matematika Realistik terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal IndoMS. J.M.E. Vol 1 No 1 Juli 2010.pp 41-51.

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Maftukhah, N. A., Nurhalim, K. dan Isnarto. Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Penelitian Pendidikan. 6(3): 267-276.

Mendiknas. 2006. Tujuan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Murni. A. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skills. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.

Saputra, A.D. 20116. Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending (CORE) dengan Pendekatan Scientific terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa SMP. Skripsi : tidak diterbitkan.

Satriani, G. A. N. D., Dantes, N., dkk. 2015. Pengaruh Penerapan Model Core terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Kovariabel Penalaran Matematis pada Siswa Kelas III Gugus Raden Ajeng Kartini Kecamatan Denpasar Barat. 5: 1-10.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, D. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media.

Utami, R. W. & Wutsqa, D. U. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Penelitian Pendidikan. 4(2): 166-175.

Vitasari, N & Trisniawati. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Melalui Problem Posing. 1. 78-86.

Wardhani, S. 2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD. Yogyakarta: PPPPTK.
Published
2020-01-20
How to Cite
WAHYUNINGTYAS, Putri Safrina; SETIANI, Yani; KHAERUNNISA, Etika. Pengaruh Model Core dengan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 81-96, jan. 2020. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/979>. Date accessed: 03 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.979.