Pengaruh Kepuasan Belajar, Prestasi Akademik dan Motivasi Diri Sebagai Variabel Intervening Terhadap Pembelajaran Online di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas IVET
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan belajar, prestasi akademik dan motivasi diri sebagai variabel intervening terhadap pembelajaran di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pembelajaran online(Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan) Universitas Ivet melalui kepuasan belajar, prestasi akademik dan motivasi diri sebagai variabel intervening pada pembelajaran online di Universitas Ivet. Pembelajaran online masih rendah yang diduga dilatarbelakangi oleh kurangnya kepuasan belajar, prestasi akademik dan motivasi diri. Faktor kurangnya kepuasan belajar, prestasi akademik dan motivasi diri merupakan hal penting dalam rangka meningkatkan pembelajaran online dalam universitas.
Variabel bebas penelitian ini yaitu kepuasan belajar dan prestasi akademik, variabel terikat penelitian ini yaitu motivasi diri dan pembelajaran online. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis regresi berganda.
Penelitian ini memberikan hasil bahwa masing-masing secara parsial kepuasan belajar, dan prestasi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi diri, serta masing-masing secara parsial kepuasan belajar, prestasi akademik, motivasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelajaran online. Namun, motivasi diri tidak memediasi pengaruh kepuasan belajar terhadap pembelajaran online dan pengaruh prestasi akademik terhadap pembelajaran online.
Kata Kunci: Kepuasan Belajar, Prestasi Akademik, Motivasi Diri, Variabel Intervening, Pembelajaran Online