Strategi Pendidikan Karakter di SMK ADA Krincing Tahun Pembelajaran 2022/2023

  • Aco _ Arham Universitas ivet
  • Srihadi Srihadi
  • Sukoco Sukoco

Abstract

            Sekolah adalah sebuah Lembaga Pendidikan yang dirancang untuk mengajarkan, mengarahkan dan membimbing peserta didik agar menjadi insan yang baik. Sebuah sekolah dikatakan baik tidak terlihat dari kepemimpinan, manajemen atau model pembelajaran saja, melainkan dapat dilihat dari strategi yang diterapkan. SMK Al-Qur’an dan Dakwah Alam Krincing, merupakan salah satu sekolah berbasis pondok yang baik dalam pembentukan karakter siswanya.


            Fokus penelitian ini yaitu  (1) Apa saja nilai-nilai karakter yang sudah diterapkan melalui organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di SMK ADA Krincing ?(2) Bagaimana strategi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan organisasi siswa intra sekolah di SMK ADA Krincing?(3) Bagaimana upaya-upaya untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam upaya pembentukan karakter siswa melalui organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di SMK ADA Krincing.


            Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan nilai-nilai karakter yang sudah diterapkan melalui kegiatan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di SMK ADA Krincing.(2) Untuk mendiskripsikan strategi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di SMK ADA Krincing.(3) Untuk mendiskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam strategi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di SMK ADA Krincing.


           Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil latar SMK Al-Qur’an dan Dakwah Alam Krincing dengan subjek guru beserta staf pengajar lain, Pengumpulan data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, member check dan penggunaan bahan referensi.


Kata Kunci : Strategi, Sekolah, Pendidikan Karaker dan Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Srihadi Srihadi

Dosen PPKn Universitas Ivet

Sukoco Sukoco

Dosen PPKn Universitas Ivet

References

Abdullah Ida, 2011, Sosiologi Pendidikan (Individu, Masyarakat, dan Pendidikan),
Jakarta: PT, Grafindo Persada.
Agus Wibowo, 2012, Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa
Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Agus Zaenul Fitri, 2012, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah,
Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Akhmad MuhaiminAzzet, 2011, Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia,
Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Doni Koesumo, 2010, Strategi Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Kemdiknas.
Barnawi dan M. Arifin.
Kemendiknas, 2010, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa,
Jakarta: Puskur.
Lexy J, 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muchlas Samani dan Haryanto, 2011 Pendidikan Karakter, Bandung: : PT. Remaja
Rosdakarya.
Muhaimin Azzet, 2011 Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, Yogyakarta: Ar?Ruzz Media.
Mulyono, 2012, Strategi Pembelajaran, Malang: UIN Maliki Press.
Pupuh Fathurrahman, Suryana, dan Feni Fatiriani, 1999, Pengembangan Pendidikan
Karakter, Bandung: PT, Refika Aditama.
Soejono dan Abduurrahman, 1999, Metodologi Penelitian, Suatu Pemikiran dan
Penerapan, Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono, 2014, Metode Penelelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung: Alfabeta.
Syaiful Bahri djamarah dan Aswan Zain, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:
PT. Rineka Cipta.
Zubaeda, 2012, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsinya dan Aplikasinya dalam
Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Published
2023-08-27
How to Cite
ARHAM, Aco _; SRIHADI, Srihadi; SUKOCO, Sukoco. Strategi Pendidikan Karakter di SMK ADA Krincing Tahun Pembelajaran 2022/2023. Journal of Democratia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 29-40, aug. 2023. ISSN 2721-4710. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jade/article/view/2750>. Date accessed: 24 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/jade.v1i02.2750.