Pola Pembiasaan Perilaku yang Sesuai dengan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
Abstract
Jumadin Ahmad,. "Pola Pembiasaan Perilaku Yang Sesuai Dengan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Di SMK ADA Kab Magelang,Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas IVET Semarang.
Pola pembiasaan perilaku tidak mengajarkan baik dan buruk saja, akan tetapi mengajarakan anak untuk merasakan nilai-nilai tersebut dan mampu melakukannya. Pembiasaan perilaku merupakan salah satu cara yang efektif dalam proses pembentukan karakter anak. Pembiasaan adalah sikap dan perilaku yang relatif menetap melalui proses yang berulang-ulang. Pembiasaan yang baik akan berdampak baik pula bagi anak.
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pembiasan perilaku yang dilakukan di SMK ADA dalam menanamkan pendidikan Karakter pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. maka dapat dirumuskan tujuan penelitian ini sebagai berikut:
1.Mendeskripsikan strategi pembiasaan perilaku yang sesuai sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam diri anak-anak di siswa di SMK ADA Kab Magelang 2. Mendeskripsikan bentuk pembiasaan perilaku yang sila Ketuhanan Yang Maha Esa di siswa di SMK ADA Kab Magelang 3. Mendeskripsikan kendala-kendala dalam pembiasaan perilaku yang sila Ketuhanan Yang Maha Esa di siswa di SMK ADA Kab Magelang 4. Mendeskripsikan upaya-upaya dalam pembiasaan perilaku yang sila Ketuhanan Yang Maha Esa di siswa di SMK ADA Kab Magelang.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pola pembiasaan perilaku dilaksanakan setiap hari yang dilakukan secara rutin. Dalam pengembangan religius, siswa SMK ADA selalu dibiasakan membaca kitab Alquran serta mengahafalnya, dan saling membantu Pengembangan peduli sosial diwujudkan dalam kegiatan amalan ramadhan. Makan bersama dan berbagi bekal juga sebagai sarana penanaman pendidikan karakter bagi anak yaitu mengembangkan rasa empati,toleransi sesama agama, disiplin, mandiri, peduli sosial, tanggung jawab. Tujuan utama pembiasaan perilaku adalah membangun karakter anak berakhlak mulia, pribadi anak yang bermoral, memiliki sopan santun, dan kebiasaan-kebiasaan yang baik.
Kata Kunci : Pembiasaan Perilaku
Downloads
References
Kaelan (2002) Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Paradigma.Yogyakarta.
Kaelan. (2010). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.
Kaelan.(1996). Filsafat Pancasila. Yogyakarta : Paradigma.
Rukiyati, Purwasturi, L.A., Dwikurnia. D.,et al.(2013). Pendidikan Pancasila Yogyakarta : UNY Press.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian. Bandung: alfabert.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabert.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya .
Sulasmono,B.S.(2015).Dasar Negara Pancasila. Sleman : PT Kanisuis
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional