Pengaruh Status Ekonomi dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa Kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Boja

  • Tanjung Gustama Aji Universitas Ivet
  • Sri Setyaningsih Universitas Ivet
  • Marhaeni Dwi Satyarini Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana status ekonomi (2) Bagaimana tingkat prestasi belajar siswa (3) Bagaimana tingkat motivasi berwirausaha siswa (4) Bagaimana pengaruh status ekonomi dan prestasi belajar mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Boja. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, responden yang diteliti sebanyak 152. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dengan metode dokumentasi. Dengan objek penelitian siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Boja Tahun akademik 2021/2022. Data diuji untuk mencari kebenaran dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) status ekonomi orang tua siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Boja termasuk kriteria sedang dengan penghasilan rata-rata sebesar Rp. 2499.000. (2) Tingkat prestasi belajar mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan seluruhnya telah memenuhi KKM, dengan nilai terkecil 75, nilai tertinggi 95, dan rata-rata 86,01. (3) Motivasi berwirausaha siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Boja termasuk kategori tinggi, dapat dilihat dari hasil keseluruhan bahwa 2 siswa 1% dalam kategori sangat rendah, 12 siswa 8% dalam kategori rendah, 37 siswa 24% dalam kategori sedang, 97 siswa 64% dalam kategori tinggi, dan 4 siswa 3% dalam kategori sangat tinggi. (4) Pengaruh status ekonomi dan prestasi belajar mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Boja diperoleh nilai F hitung sebesar 123,270>F tabel 3,055 dengan nilai signifikansi 0,00<0,05. Dapat disimpulkan bahwa antara status ekonomi dan matapelajaran produk kreatif kewirausahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi berwirausaha. (5) Koefisien determinasi antara status ekonomi, dan prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha sebesar 62,3%, sedangkan sisanya 37,7% diterangkan oleh variabel lain dari penelitian ini. Kata Kunci: status ekonomi, prestasi belajar, dan motivasi berwirausaha

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulsyani. (2002). Jakarta : Sosiologi Skema, Teori, Dan Terapan. PT Bumi Aksara
Abu Muhammad Ibnu Abdullah. 2008. Prestasi Belajar, (Online) (http://spesialis-torch.com,).
Adang Suherman. (2002). Penelitian Korelasional dan Komparasi dalam Kurikulum dan
Pengajaran Progam Pascasarjana. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Angela Nucifera Haidityasari. (2009). Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Prestasi
Belajar Kejuruan Siswa Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Sanjaya Pakem, Sleman
Yogyakarta. Fakultas Jurusan Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan:
Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Badan Pusat Statistik.2008. Jumlah Pendapatan Menurut Golongan Rumah Tangga. Jakarta: BPS
Budiati,Atik Catur.2009. Sosiologi konstektual untuk SMA dan MA kelas XI. Jakarta : CV
Widiatama
Buchari Alma, 2013. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
Basrowi. 2011. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia
Daryanto.2012. Menggeluti Dunia Usaha. Yogyakarta : Gava Media Daryanto.2012. Pendidikan
Kewirausahaan. Yogyakarta: Gava Media Dimyati, Mudjiono. 2006 : Belajar Pembelajaran. Jakarta:
Rineka Cipta
Dina Ramadhanti, Mulyadi. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Sikap
Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis. Volume 11, Nomor 22, Bandung: Universitas
Pendidikan Indonesia
Djaali. (2007). Jakarta: Psikologi pendidikan. Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Frinces,Z.Helfin. (2011). Be an Enterpreneur (Jadilah Seorang Wirausaha). Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu.

Hisrich, Peters.1995.Enterpreneurship. New York:Mc Graw Hill inc
Hisyam Zaini.2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Iman Mandiri
Imam Ghozali 2016, Aplikasi Analisis Multivariete dengan Progam IBM SPSS 23. Semarang: Universitas
Diponegoro.
Jamal Ma’mur Asmani 2011. Sekolah Interpreneur. Yogyakarta: Harmoni
Kartono.2006. Perilaku Manusia. Jakarta: ISBN
Kristi Puspa Wardani. (2015) Pengaruh Prestasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Keaktifan Siswa
Dalam Bussines Centre Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK PGRI Tegal. Skripsi
Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi: Universitas Negeri Semarang.
Keadaan Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah. Februari 2020. Semarang: Badan Pusat Statistik
(BPS)
Mahmud.2009. Sosiologi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia
Munandar M. 2006. Pokok-pokok Intermediated Accounting. Yogyakarta: Gajah Mada
Published
2023-12-20
How to Cite
AJI, Tanjung Gustama; SETYANINGSIH, Sri; SATYARINI, Marhaeni Dwi. Pengaruh Status Ekonomi dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa Kelas XII di SMK Muhammadiyah 2 Boja. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1-11, dec. 2023. ISSN 2721-835X. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/3028>. Date accessed: 04 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v4i2.3028.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>