Hubungan Gaya Komunikasi Guru Dengan Sikap Sosial Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo Pati

  • Tomi Hermansah Universitas Ivet
  • Marhaeni Dwi Satyarini Universitas Ivet
  • Lili Marliyah Universitas Ivet

Abstract

Interaksi edukatif di sekolah melibatkan guru sebagai sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikan. Dalam pendidikan guru  berperan penting dalam membentuk sikap, perilaku, serta karakter siswa, yang dapat ditunjukkan melalui keteladanan  guru dalam berinteraksi dan berkomunikasi  dengan siswa, pada saat pembelajaran maupun diluar pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:  gaya komunikasi guru dengan siswa, sikap sosial siswa dan hubungan gaya komunikasi guru dengan sikap sosial siswa  SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi  37 siswa kelas XI Multimedia. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Data terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan teknik chi square. Hasil penelitian menunjukkan: 64,86% siswa menyatakan guru bergaya komunikasi asertif, 56,76% siswa memiliki sikap sosial pada kategori cukup dan baik, dan terdapat hubungan signifikan gaya komunikasi guru dengan sikap sosial siswa, ditunjukkan  dari koeffisien chi square hitung = 9,91233 > chi square tabel = 9,48773 pada ? = 0,05, dan  P-value = 0,04193 < ? = 0,05.


Kata Kunci: Gaya Komunikasi, Sikap Sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. 2009, Psikologi Sosial, Edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2002, Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azzet, A.M. 2013, Menjadi Guru Favorit. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media

Cangara, H. 2012. Pengantar Imu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Graffindo Persada.

Djaali. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Effendy. O.U, 2003, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: Citra Aditya Bakti.

Ghozali, I. 2014, Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamzah, R. & Ismail, F. 2008, Asertif Program Mengajar. Malaysia: UTM Press.

Ibrahim, R. 2001. Landasan Psikologis Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Inah, E.N. 2015, Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 8, No. 2. Institut Agama Islam Negeri Kendari

Jalaludin. R, 2008, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Penilaian Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Krahe. B, 2005, Perilaku Agresif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kriyantono, R. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Kulsum, U. & Jauhar, M. 2014. Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.

Kurniawan. S. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi & Masyarakat. Yogyakarta: Ar – ruzz Media

Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada

Mulyana. D, 2012, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Mulyasa, 2013, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 2016, Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rufaida. D, 2013, Pengembangan Sikap Sosial Siswa Menggunakan Pendekatan Pakem Pada Pembelajaran IPS Kelas VB SD. Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. https://eprints.uny.ac.id/15615/.

Saebani, Maryono, 2019, Gaya Komunikasi Pendidik Dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Al-Firdaus Mertoyudan dan MTs Mamba'ul Hisan Kabupaten Magelang”. Jurnal Tarbiyatuna Vol. 10, No.1, Sekolah Tinggi Agama Islam Al Husain Magelang

Sanjaya. W, 2015, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group.

Sendjaja, S.D. 1996. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka

Sucia, V, 2016, Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/2942.

Widjaja, H.A.W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Zulkifli. L, 2006, Psikologi Perkembangan, Bandung: Rosdakarya.
Published
2024-06-17
How to Cite
HERMANSAH, Tomi; SATYARINI, Marhaeni Dwi; MARLIYAH, Lili. Hubungan Gaya Komunikasi Guru Dengan Sikap Sosial Siswa Kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah 3 Sukolilo Pati. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 20-28, june 2024. ISSN 2721-835X. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/3301>. Date accessed: 20 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v5i1.3301.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>