Pemanfaatan Waktu Luang pada Liburan dengan Kegiatan Produktif bagi Pelajar
Abstract
Waktu luang merupakan waktu yang dimiliki di antara kesibukan sehari-hari yang dapat dimanfaatkan oleh anak-anak selama liburan dengan cara yang produktif dan menyenangkan. Namun masalahnya, cara memanfaatkan waktu luang untuk melakukan kegiatan yang produktif dan juga untuk mengejar hobi kesukaan itulah yang masih kurang pas dan kurang sesuai yang dilakukan oleh anak-anak. Tujuan pengabdian adalah mendeskripsikan jenis waktu luang yang dimiliki oleh anak-anak, dan pemanfaatan waktu luang untuk dilakukan kegiatan yang bersifat produktif. Metode pengabdian yang disampaikan digunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Simpulan pengabdian adalah memanfaatkan waktu luang tidak terlepas dari segala faktor yang memengaruhinya. Beberapa faktor yang menjadi penghambat pemanfaatan waktu luang diantaranya adalah sering menunda pekerjaan dan kemalasan.
Downloads
References
As’ad. M. 2018. Pemanfaatan Waktu Luang dalam Liburan Sekolah. Jakarta: LP3ES.
Kristyono, S., 2017. Bahaya Narkoba dan Kerugian bagi Pelajar. Laporan Hasil Pengabdian pada Masyarakat, LPPM Universitas IVET.
Nuraeni, F. 2017. Pembuatan dan Bahan Hantaran, (291091425_0215_9192.pdf) di akses pada tanggal 4 November 2020, Pukul. 07.00 WIB.
Purnomo, J. 2017. Model Manajemen Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Kemitraan bagi Guru Ekonomi SMA. Disertasi PPs. Universitas Negeri Semarang, tidak dipublikasikan.
Rahayu, S. dan Dewi, S. 2018. “Model Penanganan Kenakalan Anak melalui Strategi Intervensi Konseling pada Siswa SMA Kota Semarang”. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian. ISBN: 978-602-0906-28-9. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas IVET.
Sukardi, J. 2020. Pemanfaatan Waktu Luang pada Waktu Liburan. Yogyakarta: Andi Offset.
Triatmoko. 2017. Dimensi-dimensi Pemanfaatan Waktu Luang bagi Pelajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Yurida, M., 2019. Waktu Luang dan Kegiatan Positif serta Produktif. Yogyakarta: Puskata Pelajar.