Pengembangan Blog Sebagai Bahan Ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smk Program Studi Tata Boga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan blog sebagai bahan ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK program studi Tata Boga, menguji kelayakan blog sebagai bahan ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental, menguji efektifitas penggunaan blog sebagai bahan ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental, menganalisis kepraktisan blog sebagai bahan ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan pengembangan dan validasi; (3) uji coba produk; (4) menetapkan produk final. Pengujian yang dilakukan berupa validasi oleh expert judgment atau ahli media dan materi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket kemudian data yang diperoleh di analisis dengan teknik analisis diskriptif dan uji t. Hasil uji coba siswa pada pretest mendapatkan nilai t hitung 0,911 dan t tabel 1,670 sedangkan hasil posttest menghasilkan nilai t hitung 3,314 dan t tabel 2,0 sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah Ho ditolak jika t hitung > t tabel : bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan blog sebagai bahan ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental dengan demikian blog efektif. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu blog yang dikembangkan berisi materi Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental yang dilengkapi dengan video dan gambar serta berisi template seperti home, profil Tata Boga, evaluasi, dan menu lain-lain. Berdasarkan uji kelayakan, blog dinyatakan layak sebagai bahan ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental untuk siswa SMK Tata Boga dan teruji efektif. Sedangkan hasil dari analisa kepraktisan mendapatkan respon yang baik dari siswa dan sangat baik dari guru.
References
Hämäläinen, R and Cattaneo, A. 2015. New TEL Environments for Vocational Education – Teacher’s Instructional Perspective. Diperoleh dari Journal Vocations and LearningStudies in Vocational and Professional Education © Springer Science+Business Media Dordrecht 2015 10.1007/s12186-015-9128-1 (diunduh 25 April 2015).
Kindarto, Asdani. 2006. Tip Mudah Membuat Blog Bergaya dan Interaktif. Yogyakarta: Andi Offset.
Luehmann, A.L and Frink, J. 2009. How Can Blogging Help Teachers Realize the Goals of Reform-based Science Instruction? A Study of Nine Classroom Blogs. Diperoleh dari Journal of Science Education and Technology © Springer Science+Business Media, LLC 2009 10.1007/s10956-009-9150-x (diunduh 25 April 2015).
Mahendra, I Gede Jaka.____. “ Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VII SMP Negeri I Sukasada”. Thesis.
Pinya, C,. dan Rosselló, M.R. 2014. “Using blogs to be aware of the development and adoption of professional skills”. Education and Information Technologies The Official Journal of the IFIP Technical Committee on Education. Diperoleh dari Springer Science+Business Media New York 2014 10.1007/s10639-014-9367-z. (diunduh 25 April 2015).
Rumampuk, D.Borman. 1988. Media Instruksional IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Penelitian; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.