Implementasi Metode Psikodrama dalam Peningkatan Kepekaan “Kewajiban Berdisiplin” pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Belopa Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan anak atas kewajiban disiplin yang sudah disepakati dengan merapikan alat bermainnya. Jumlah anak yang mengalami ini sekitar 40%. Anak juga terlihat acuh dan guru kesulitan mengarahkan anak untuk memenuhi kewajibannya seperti menjaga ruangan agar tetap bersih, dengan membuang sampah pada tempatnya. Anak mengalami ini sekitar 50%. Selama ini guru belum menemukan cara mengantisipasi dan mengatasi masalah itu, pembelajaran moral tidak cukup sekedar memberikan konten pembelajaran kepada anak, perlu kegiatan belajar yang melibatkan anak secara aktif untuk meresapi nilai-nilai moral dengan lebih mendalam sehingga dapat melekat di alam bawah sadarnya dan menjadi kebiasaan yang baik. Oleh karena itu penelitian ini diterapkan penelitian tindakan kelas, melalui implementasi metode psikodrama sebagai alternatif solusi dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa dalam implementasi metode psikodrama dapat meningkatkan kepekaan atas “kewajiban berdisiplin” pada anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Belopa. Berdasarkan analisis hasil tes, peneliti mendapati hasil rata-rata anak hanya mampu memperoleh 65,90 pada siklus I dengan 36% anak aktif, kemudian pada sikus II rata-rata tes tersebut meningkat mencapai 81,36 dengan anak aktif mencapai 80%.