Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Mengecap Bentuk dari Bahan Alam di TK Pertiwi 2 Sangge Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali
Abstract
Kurangnya peningkatan kreatiftas anak dalam pembelajaran serta pola mengajar yang monoton menyebabkan anak menjadi cepat bosan dalam menerima pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreatifitas anak di TK Pertiwi 2 Sangge Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali yang berulah 17 anak. Penelitian tindakan kelas dengan 2 kali siklus ini menunjukkan hasil bahwa kemampuan kreativitas anak termasuk cukup baik, namun belum memenuhi indikator penilaian. Hal ini dapat dilihat dari skor yang didapat dengan kategori berkembang sangat baik sebanyak 2 anak atau 12%, berkembang sesuai harapan sebanyak 8 anak atau 47%, mulai berkembang sebanyak 2 anak atau 12%, dan yang belum berkembang sebanyak 5 anak atau 29%. Sedangkan hasil pengamatan kolaborator pada observasi kinerja guru sebesar 70% dan keaktifan siswa 58% pada siklus I. pada siklus II anak yang berhasil dengan berkembang sangat baik sebanyak 15 anak atau 89% yang terdiri dari kategori berkembang sangat baik ada 8 anak atau 47% dan berkembang sesuai harapan sebanyak 7 anak atau 42%, dan kategori mulai berkembang ada 2 anak atau 11%. Pada siklus II menunjukkan bahwa kemampuan kreativitas anak sudah meningkat dengan berkembang sangat baik atau sudah melebihi indikator ketuntasan dalam pembelajaran 75%, oleh karena itu tidak perlu dilakukan perbaikan pembelajaran atau dengan kata lain penelitian ini dikatakan berhasil. Sedangkan hasil pengamatan kolaborator pada observasi kinerja guru mengalami kenaikan sebesar 96% dan keaktifan siswa pada siklus 90%.