Edukasi Peran Guru TPQ dalam Menanamkan Nilai-Nilai Al Quran kepada Siswa
Abstract
Kemampuan guru membutuhkan penempaan yang terus menerus. Pengembangan kualitas pada guru memerlukan proses dan kesungguhan. Hal ini menandakan bahwa guru menjadi aktor penting dalam menanamkan nilai-nilai Quran kepada siswa. Terlebih lagi banyak TPQ saat ini membutuhkan perhatian khusus baik dalam hal kurangnya SDM Pengajar, sarana dan prasarana yang belum memadai hingga kurikulum yang memerlukan perubahan terus menerus. Proses penanaman nilai-nilai Al Quran membutuhkan Kemampuan Pedagogik; Pengelolaan Pembelajaran dan pemanfaatan teknologi, Kepribadian: Keteladanan dan etos kerja, Kemampuan Sosial ; Komunikasi efektif dengan berbagai pihak dan Profesionalisme ; Penguasaan materi dan metode pengajaran
Downloads
References
Ajat Saputra & Afif Nurseha (2023).Upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar baca tulis Al Quran.Jurnal of International Multidisciplinary Research:STAI Riyadhul Jannah, Vol.1,h.1062-1073. https://doi.org/10.62504/h7gxy732
Jazuli dan Sukarso Ghrazianendri (2019).Keteladanan guru dalam perspektif pandangan Al Quran dan Hadis melalui implementasi kurikulum 2013.Al-Afkar, Journal for Islamic Studies:Universitas Muhammadiyah Cirebon, Vol.2, h.207-225. https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v4i1.69
Hafidzah & Alimni (2023).Peran Guru dalam menanggulangi kemalasan anak belajar Al Quran di TPQ Nurul Huda Desa Karang Tengah.Innovative:Journal Of Social Science Research:UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Vol.3,h.753-763. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i6.6327
Muhammad Mahfud Amin (2024).Meningkatkan kualitas guru PAI me;a;uiimplementasi nilai-nilai Al Quran dan hadis.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (Cendekia):Universitas Muhammadiyah Malang,Vol.2,h.153-171.
Nadarwati (2021).Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan siswa membaca Al Quran di SDN 119/X Rantau Indah.Jurnal Pendidikan Guru, Vol. 2,h.46-61. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i2.228
Padarinda & Nur Rochim (2024). Analisis Kompetensi Guru Taman Pendidikan Al Qur’an dalam Prespektif Muhammadiyah.Indonesian Journal of Multidisciplinary (IJM):Universitas Muhammadiyah Surakarta, Vol.2,h.748-760.
Tri Marfiyanto et al(2019).Implementasi Teori Operant Conditioning dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam melalui pendamping guru Al Quran.Caradde (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat):Universitas Sunan Giri, Vol.1,h.180-188. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i2.108