Training Melejitkan Potensi Diri Siswa Kelas VI SDIT Harapan Bunda Semarang
Abstract
Potensi diri dalam anak menjadi tugas orang tua di rumah, guru di sekolah dan diri anak sendiri. Anak membutuhkan potensi di dalam dirinya demi meraih masa depan yang indah. Tujuan utama dalam kegiatan ini adalah untuk membantu anak sekolah dasar SDIT Harapan Bunda Semarang menemukan potensi di dalam dirinya sendiri. Acara diikuti oleh 112 siswa pada kelas VI. Potensi diri pada anak dapat dilakukan dengan cara mengenali diri sendiri, niat yang baik, merubah kebiasaan buruk dan berdoa serta berolahraga yang cukup. Guru dapat mendorong terciptanya potensi diri dengan cara Kegiatan rutin, Kegiatan spontan, Kegiatan keteladanan dan Kegiatan Terprogram.
Downloads
References
Ahmad Sarkawi (2016).Melejitkan Potensi anak dalam keluarga ditinjau dari perspektif Islam.Jurnal Penelitian dan Pengabdian:Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Vol.4, No. 1-14. https://doi.org/10.15548/turast.v4i2.346
Chandra Fitra Arifianto et al (2024).Pengenalan Potensi diri sebagai pondasi untuk pengembangan diri.Jurnal Sesi Pengabdian Kepada Masyarakat:Universitas Pamulang, Vol.4,No.1-7. https://doi.org/10.56371/sepakat.v4i1.269
Hasbullah dan Nurhasanah (2024).Peran orang tua dan pendidik dalam melejitkan potensi anak.Jurnal Kajian Pendidikan Islam:Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung, Vol.3, No.1-17. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.110
Isna et al (2022). Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Potensi Diri Siswa Melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (Studi Kasus Di Smp Negeri 5 Ponorogo).Jurnal of Islamic Education management:IAIN Ponorogo, Vol.1,h.61-80.
M.Rosyid Alfazani & Dinda Khoirunnisa (2021). Faktor Pengembangan Potensi Diri: Minat/Kegemaran, Lingkungan Dan Self Disclosure (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial).Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial:Universitas Mercu Buana Jakarta,Vol.2,h.586-598.
https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2