Strategi Pendidikan Akhlak Dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Sayung Kabupaten Demak
Abstract
Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui secara jelas implementasi pendidikan akhlak dalam pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah Sayung Kabupaten Demak Adapun sumber data utama adalah data empiris tentang pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah Sayung Kabupaten Demak, yang berupa hasil observasi, hasil wawancara, dan hasil dokumentasi. Responden dari data ini adalah Kepala Sekolah, guru PAI dan para siswa, dan sumber skunder berupa buku-buku literatur, internet atau karya para pakar. Untuk analisis data tersebut digunakan metode kualitatif, dimana data observasi, wawancara dan dokumentasi dianalisis dengan metode kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan akhlak dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Sayung Kabupaten Demak yang telah didesain oleh guru PAI dalam pengembangan silabus dan RPP telah sesuai dengan apa yang telah diformatkan dalam desain induk pendidikan akhlak. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Sayung Kabupaten Demak telah dilaksanakan oleh guru PAI sesuai dengan apa yang telah diproyeksikan di dalam RPP berkarakter. Evaluasi pendidikan akhlak menggunakan 3 cara yaitu evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan rapotan.
Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Akhlak, Pembelajaran PAI