Peningkatan Kemampuan Berbahasa melalui Metode Bernyanyi pada Anak Usia Dini di PAUD Jungle School
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya pemahaman terhadap suatu materi yang mana anak PAUD Alam Jungle School masih mengalami kesulitan, ini terlihat dari percakapan sehari– hari anak di sekolah. Di sisi lain rasa kurang percaya diri, gugup, dan takut senantiasa menyertai diri anak pada saat pelajaran berlangsung. Fenomena seperti ini merupakan permasalahan yang perlu segera ditemukan alternatif pemecahannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketrampilan berbahasa anak melalui metode bernyanyi di PAUD Alam Jungle School. Penelitian ini menggunakan PTK, dengan subjek penelitian adalah anak PAUD Alam Jungle School yang berjumlah 20 orang. PTK ini dilaksanakan dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Peningkatan kemampuan bicara anak melalui kegiatan bernyanyi pada PAUD Alam Jungle School. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa anak melalui metode bernyanyi berjalan cukup baik secara kelompok dari siklus I dan siklus II; kemampuan bahasa anak meningkat dengan melihat nilai ketuntasan siswa pada siklus I yaitu 12 anak (60%), menjadi 18 anak (90%) pada siklus II; dan kemampuan bahasa anak semakin meningkat melalui kegiatan bernyanyi.
Kata kunci: kemampuan berbahasa, metode bernyanyi.