Pelatihan Media Belajar Anak di Masa Pandemi

  • Diah Nugraheni Fakultas Saintek, Universitas Ivet, Indonesia
  • Dyah Setyaningrum Winarni Fakultas Saintek, Universitas Ivet, Indonesia
  • Khasanah Khasanah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Marini Marini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Sejak pandemi Covid 19 melanda Indonesia, pemerintah membuat kebijakan bahwa semua kegiatan dilakukan di rumah yang kini telah menjadi titik sentral kegiatan apa pun bagi semua anggota keluarga. Sebagai anak-anak, mereka masih menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai siswa yang belajar di rumah. Banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya adalah melakukan aktivitas menggunakan media belajar. Media belajar yang tepat tentu berimbas pada bagaimana mengkonstruk bahan menjadi sesuatu yang menarik dan mudah dipahami. Anak-anak tetap dapat melakukan aktivitas belajar dan bermain yang menyenangkan baik di dalam maupun luar ruangan bersama dengan orang tua selama masa pandemi demi kesehatan fisik, mental, dan sosial melalui media belajar. Tujuan kegiatan ini adalah mengetahui teknis pelaksanaan pelatihan Media Belajar Anak di Masa Pandemi dan manfaat dari pelatihan bagi orangtua. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah dalam memberikan materi kepada guru-guru PAUD dan Mahasiswa Universitas Ivet, diskusi/tanya jawab, pemberian contoh-contoh permainan sains dengan alat dan bahan sederhana, serta memberikan tips bermain edukatif dari rumah. Simpulan kegiatan ini adalah peserta mengetahui media belajar anak yang bisa dilakukan selama pandemi dan bermanfaat bagi orangtua khususnya anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.

Erviana, L. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di SMP-It Ar Rahmah Pacitan. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 71–77. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/936
Published
2022-01-18
How to Cite
NUGRAHENI, Diah et al. Pelatihan Media Belajar Anak di Masa Pandemi. Manggali, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 67 - 75, jan. 2022. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/1968>. Date accessed: 25 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.1968.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)