Pendampingan Pada Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini

  • Sri Sayekti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Sri Redjeki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Khasanah Khasanah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Marini Marini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Seksualitas tidak boleh di pandang tabu. Membiarkan sikap anak yang salah terhadap informasi seks yang  diperoleh karena asuhan, didikan, dan persepsi orang tua maupun guru mereka yang keliru terhadap seks  mengakibatkan perilaku seks mereka  tidak benar. Anak mulai usia dini harus diberikan pendidikan seks yang tepat dan benar. Orang tua, sebagai pendidik pertama dan utama berperan penting untuk memberikan pendidikan seks pada anak sejak dini. Atas dasar keprihatinan itulah, tim pengabdian dari Universitas Ivet melakukan pendampingan kepada orang tua di TK Pelita Bunda di kelurahan Bendan Duwur Semarang. Tujuan dari pengabdian ini adalah: membantu masyarakat khususnya para peserta memperoleh pemahaman tentang  perkembangan seks pada anak, dan membantu mengembangkan kepekaan orang tua dalam hal perkembangan seks anak. Metode Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah dengan metode ceramah, penayangan film, tanya jawab dan pendampingan pada para peserta setelah selesai kegiatan. Kegiatan pengabdian ini sangat dibutuhkan oleh para peserta, mengingat topik yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan dalam memberikan pendidikan seks bagi anak usia dini, mereka belum pernah memperoleh pengetahuan langsung dari narasumber terkait. Para peserta berharap kegiatan ini dapat berlanjut dengan materi lain sesuai yang dibutuhkan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atiqah, Mar’atul. 2015. Penggunaan ToiletTraining untuk Pengenalan PendidikanSeks pada AnakUsia4,5TahunTKPembina.http://id.portalgaruda.org/?ref=author&mod=profile&id=236463. Diunduh15 Juni 2015.Chomaria, Nurul. 2014. Pelecehan Anak, Kenalidan Tangani, Menjaga Buah Hati dariSindrom. Solo: Tiga Serangkai.

Chomaria, Nurul. 2014. Pelecehan Anak, Kenalidan Tangani, Menjaga Buah Hati dari sindrom, Solo: Tiga Serangkai

Erawati, A., dkk. 2002. Relasi Gender dalam Islam. Surakarta: Pusat Studi Wanita STAIN Surakarta Pers.

Elizabeth B. Hurlock, 1997, Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Ilmawati, Zulia. 2014. Bagaimana Pendidikan Seks dalam Perspektif Islam? http://id.-theasianparent.com/pendidikan-seksdalam-perspektif-islam/,12 Maret 2014.

http://openjurnal.unmuhpnk.ac.id/index.php/TaK/article/view/251 Pentingnya pendidikan seks pada anak usia dini. Diunduh tanggal 10 Juni 2022.

file:///C:/Users/USER/Downloads/3486-12783-1-PB%20(2).pdf Materi Pendidikan seks bagi anak usia dini. Diunduh tanggal 16 Juni 2022.

Sri Sayekti, dkk. 2018. “Pengembangan Kepekaan Orang Tua Terhadap Perkembangan Seksualitas Anak Di Tk Pelita Bunda Semarang ”. Laporan Hasil Pengabdian pada Masyarakat. IKIP Veteran Semarang.
Published
2022-07-29
How to Cite
SAYEKTI, Sri et al. Pendampingan Pada Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. Manggali, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 211-219, july 2022. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2201>. Date accessed: 04 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v2i2.2201.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)