Peran serta Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dalam Menyiapkan Tenaga Terampil di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak

  • Eko Heri Widiastuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Lili Marliyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Sri Sayekti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Masalah ketenagakerjaan merupakan masalah yang penting, terutama menyangkut masalah SDM, sebab saat ini kompetensi SDM menjadi modal utama pencari kerja.  Rendahnya kompetensi tenaga kerja medorong LKP Bilqis dan LKP Bintang Novi untuk ikut berperan dalam meningkatkan SDM pencari kerja khususnya di bidang garmen. Permasalahan yang dihadapi LKP Bilqis terdiri dari pemenuhan sarana prasarana dan proses pembelajaran dalam hal ini SDM instruktur serta managemen organisasi LKP. Permsaahan LKP Bintang Novi adalah dalam hal pemenuhan sarana prasarana dan proses pembelajaran dalam hal ini adalah tidak tersedianya kurikulum yang digunakan sebagai pedoman dalam proses pembelajaran serta rendahnya SDM instruktur dan managmen organisasi LKP. Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut maka SDM instruktur dan pengelola perlu ditingkatkan, maka target dari kegiatan ini adalah meningkatnya soft skill dan hard skill mereka, sedangkan luarannya adalah kurikulum yang disempurnakan, modul pelatihan dan sertifikat sebagai standar kualifikasi  instrutur dan pengelola. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan terhadap instruktur dan pengelola LKP.


      Kegiatan tersebut meliputi sarasehan tentang perbaikan kurikulum, pelatihan untuk meningkatkan kualitas instruktur, pelatihan tentang pengembangan penyelenggaraan lembaga kursus dan pelatihan (LKP),  pendampingan dalam menentukan strategi perluasan kemitraan. Pelaksanaan kegiatan ini berjalan lancar dan penuh keterbukaan, sehingga permasalahan yang dihadapi mitra dapat terpecahkan bersama dengan tim. Hasil dari kegiatan yang dilakukan tim, terlihat pada kemampuan instruktur dan pengelola mengalami peningkatan hal ini terlihat dari cara instruktur dalam mendampingi peserta kursusu, penambahan sarana dan prasarana, tersusunnya kurikulum pad level 3 dan pengelolan LKP yang semakin baik. Hal ini dibuktikan ditunjukkan kedua LKP ini untuk menyelenggarakan Program Kecakapan Kerja (PKK) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah khususnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Demak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Demak, 2014. Demak Dalam Angka Tahun 2014. BPS Kabupaten Demak.

Kartini Kartono, 2005. Patologi Sosial, Jilid 1. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

LKP Bilkis, 2014. Profil LKP Bilkis.

LKP. Bintang Novi, 2014. Profil LKP Bintang Novi.

Pujuwati Sayogya, 1985. Sosiologi Pembangunan. Fakultas Pasca Sarjana IKIP Jakarta, bekerjasama dengan BKKBN.

Soeryono Soekanto, 2002, Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Published
2021-08-06
How to Cite
WIDIASTUTI, Eko Heri; MARLIYAH, Lili; SAYEKTI, Sri. Peran serta Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dalam Menyiapkan Tenaga Terampil di Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Manggali, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 126-136, aug. 2021. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/1690>. Date accessed: 25 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v1i2.1690.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>