Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Tematik

  • Dwi Asih Kumala Handayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Sri Sayekti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Sri Redjeki Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Elfi Rimayati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Kebutuhan menulis dirasakan lebih nyata oleh kaum intelektual, baik mahasiswa maupun mereka yang menduduki jabatan fungsional seperti guru, dosen, dan peneliti. Di lapangan masih dijumpai mahasiswa yang sangat kurang wawasannya tentang karya ilmiah. Fenomena ini terjadi karena kurangnya kemauan mahasiswa untuk mencari wawasan keilmuan secara mandiri, atau kurangnya bahan bacaan yang dimiliki mahasiswa. Kurangnya pengetahuan akan karya ilmiah bagi mahasiswa harus dicarikan solusinya, oleh karena itu sangat diperlukan adanya pembekalan keilmuan tentang karya ilmiah serta pelatihan atau praktik bagaimana membuat karya ilmiah. Tujuan kegiatan ini adalah mendapatkan data empiris adakah pengaruh hasil pelatihan penulisan karya ilmiah tematik ini bagi mahasiswa. Pendekatan kegiatan ini adalah menggunakan diskusi interaktif dan praktik secara langsung. Sasaran kegiatan adalah mahasiswa program studi bimbingan dan konseling pada semua tingkatan semester sejumlah 70 orang. Hasil analisis: Diketahui nilai koefisien korelasi (Correlation Coefficient) antara nilai pretest dengan posttest adalah sebesar 0,731**. Maka dapat diartikan bahwa hubungan antara nilai pretest dengan nilai posttest adalah “Kuat”. Kesimpulan bahwa Hubungan antara Pretest dengan Posttest pada Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah adalah Signifikan, Kuat, dan Positif atau Searah. Signifikan artinya ada hubungan Nyata atau hubungannya Berarti (memiliki arti). Kuat artinya Kekuatan hubungan atau Keeratan hubungannya Kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian. In Rineka Cipta

DAK Handayani (2018). Improving The Satisfaction of Guidance anf Counseling Services through Quality of Service, Service Requests, and Service Value. Journal of Educational Development, 6.3, 356-368.

Harjanti, W.N., Darsono,S., & Suripin, S. (2020). Makalah. Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik. https://doi.org/10.26874/jt.vol119no01.139

Krisnanto, V.H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Karya Tulis Ilmiah (KTI). In Deepublish Publisher.

Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.21009/aksis.010208

Pudjowati, U.R. . b, Yunawiadi, B. . c, Sulistiono, R. . d, Suyadi, S. ., Pendahuluan, A., & Supriyatna, Y. (2013). Tugas Penulisan makalah Ilmiah. International Journal of Conservation Science.

Tanudjaja, B. B. (2009). Pengaruh Media Komunikasi Massa Terhadap Popular Culture dalam Kajian Budaya/Cultural Studies. Nirmana.

Tussolekha, R. (2019). Kesalahan Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada Makalah Karya Mahasiswa. AKSARA: Jurnal Bahada dan Sastra. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp35-43.
Published
2022-01-18
How to Cite
HANDAYANI, Dwi Asih Kumala et al. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Tematik. Manggali, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 40 - 46, jan. 2022. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/1919>. Date accessed: 25 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.1919.
Section
Articles