Penyuluhan Tentang Implementasi Pendidikan Dalam Keluarga di Kelurahan Karangjati Kabupaten Semarang

  • Sukoco Sukoco Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Sri Sayekti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Pembangunan bidang pendidikan telah menunjukkan perkembangan yang positif  secara akademis, hal ini tentunya bukan menjadi satu-satunya indikator keberhasilan proses pendidikan. Namun keberhasilan di bidang akademik masih perlu diimbangi dengan pendidikan karakter yang sekarang ini menjadi sorotan tajam masyarakat, karena banyak fenomena kenakalan remaja seakan sulit dibendung dan diatasi. UU RI Nomor 20 tahun 2003 menyebutkan bahwa:“Pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Secara khusus tujuan pengabdian ini: 1. Melakukan identifikasi yang berkaitan dengan implementasi pendidikan dalam keluarga; 2. Memberikan ceramah dan dialog dengan masyarakat berkaitan dengan implementasi pendidikan dalam keluarga; 3. bentuk-bentuk implementasi pendidikan dalam keluarga dalam praktik kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode ceramah dengan dialog interaktif yang memberikan kesempatan kepada pembina, pengurus, serta anggota masyarakat untuk menyampaikan pendapat, tanggapan maupun pertanyaan serta seluas-luasnya. Simpulan hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa: 1. Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa pendidikan sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah; 2. Pengabdian ini memberikan wawasan kepada masyarakat tentang peran penting keluarga dalam pembentukan karakter anak; 3. Pendidikan tidak hanya mencakup prestasi akademik semata, akan tetapi karakter menjadi hal yang sangat penting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Sudrajat. 2010. Konsep Pendidikan Karakter. (Online). (http://akhmadsudrajat.wordpress.com., diakses 3 Mei 2021).

Dasim Budimansyah. 2010. Grand Desain Pendidikan Karakter. Bandung: UPI Press.

Dharma Kesuma, dkk. 2009. Suplement Kurikulum Pendidikan Karakter Sekolah Avicenma. Bandung : CV. Alfa Orient.

Dony Koesoema. 2017, Pendidikan Karakter. Jakarta : Kompas Gramedia.

Dony Koesoema, 2018, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta : Gramedia.

Fakry Gaffar 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Islam. Disampaikan pada Workshop Pendidikan Karakter Berbasis Agama, 08-10 April di Yogyakarta.

Ratna Magawangi 2004, Pendidikan Karakter; Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Bogor: Indonesia Haritage Foundation.

Sunaryo Kartadinata 2010, Pendidikan Karakter http://www.tnial.mil.id/Majalah/ Cakrawala/ArtikelCakrawala/tabid/125/articleType/ArticleView/articleId/200/ Default.aspx 5 September 2021

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN).
Published
2022-08-19
How to Cite
SUKOCO, Sukoco; SAYEKTI, Sri. Penyuluhan Tentang Implementasi Pendidikan Dalam Keluarga di Kelurahan Karangjati Kabupaten Semarang. Manggali, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 253-266, aug. 2022. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/2236>. Date accessed: 04 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v2i2.2236.
Section
Articles