Peningkatan Keterampilan Dasar Konseling pada Guru Paud se-Kecamatan Gajahmungkur Semarang

  • Khasanah Khasanah Universitas Ivet
  • Sri Sayekti Universitas Ivet
  • Sri Redjeki Universitas Ivet
  • Luluk Elyana Universitas Ivet

Abstract

Para guru PAUD pada umumnya belum mendapatkan keilmuan konseling secara lengkap, padahal tugas mereka di Lembaga PAUD sangat kompleks dan beragam. Disamping mengajar dan bermain di kelas, guru PAUD juga melakukan proses bimbingan dan konseling pada anak. Layanan konseling yang diberikan oleh guru pada klien (peserta didik) di sekolah memerlukan pengetahuan, keahlian dan keterampilan khusus. Oleh karena itu guru PAUD yang sekaligus berperan sebagai konselor harus selalu memantapkan dan membekali diri melalui berbagai keterampilan dasar konseling perlu dikuasai guru PAUD. Atas dasar itu maka dilaksanakan pengabdian pada masyarakat untuk meningkatkan dasar keterampilan konseling bagi guru PAUD. Tujuan dari pengabdian ini adalah: meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru PAUD tentang pentingnya menguasai keterampilan dasar konseling, serta memberi pelatihan dasar konseling. Metode Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah dengan metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan tanya jawab dan praktik. Kegiatan pengabdian ini sangat dibutuhkan oleh para peserta, mereka mengikuti kegiatan dengan antusias dan semangat untuk melakukan praktik keterampilan dasar konseling. Pemahaman dan penguasaan keterampilan dasar konseling ini dapat berdampak positif terhadap kinerja mereka sebagai guru PAUD yang tugasnya sebagai pendidik sekaligus pembimbing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darminto & Retno. 2007. Keterampilan Dasar Konseling. Surabaya: Unesa Universty Press.

Kathryn Geldart. 2011. Konseling Anak-anak Panduan Praktis. Yogyakarta: Konseling pelajar.

Suryadi. 2009. Bimbingan Konseling untuk Paud. Yogyakarta: Diva Press.

Supriyo & Mulawarman. 2006. Keterampilan Dasar Konseling. Semarang: Swadaya

Achmad Juntika Nurhsan. 2021.Teori dan Praktik Konseling. Bandung: Refika Aditama.

John W Santrock .2002. Life-Span Devwlopment ( Perkembangan Masa Hidup ). Jakarta : Erlangga.

Suyanto, S. 2003. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta:
Universitas Negeri Yogyakarta

Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Nonformal dan
Informal. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Hidayah, N. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman untuk Mengembangkan Mind Competence Calon Konselor. Laporan penelitian tidak diterbitkan. Malang:

Jeanne Ellis Ormrod.2010.Psikologi Pendidikan ( Membantu siswa tumbuh dan berkembang). Jakarta : Erlangga.
Published
2024-01-15
How to Cite
KHASANAH, Khasanah et al. Peningkatan Keterampilan Dasar Konseling pada Guru Paud se-Kecamatan Gajahmungkur Semarang. Manggali, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 53 - 62, jan. 2024. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/3050>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v4i1.3050.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>