Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Ramah Lingkungan Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Guru Di PAUD Nurul Huda
Abstract
Ketersediaan alat permainan edukatif (APE) yang terbatas di PAUD Nurul Huda mendorong perlunya pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas APE secara mandiri. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam membuat APE ramah lingkungan dari bahan sederhana dan mudah ditemukan. Metode pelatihan meliputi ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung pembuatan APE Angka dan Puzzle Geometri. Evaluasi kegiatan menggunakan kuesioner dengan skala Likert menunjukkan bahwa pelatihan sangat efektif, dengan skor rata-rata pemahaman konsep sebesar 4,7; keterampilan teknis 4,6; kreativitas 4,4; dan relevansi terhadap pembelajaran sebesar 4,8. Seluruh peserta berhasil menghasilkan APE yang fungsional dan menunjukkan inisiatif pengembangan lanjutan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini dapat menjadi model pemberdayaan guru PAUD yang berkelanjutan dan kontekstual untuk meningkatkan mutu pembelajaran anak usia dini.
Downloads
References
Deluma, R. Y., & Setiawan, B. (2023). Strategi pembelajaran anak usia dini. CV. Dewa Publishing. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=JhDYEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA121&dq=deluma+2023&ots=MvuXDIZ6-c&sig=kjimcxW4c5f2rGvDuQylybhQ_1Q
Hasbi, M., Wahyuni, M., Kurniati, E., Muis, A., Mirawati, M., Syamsiatin, E., Islamiyah, R., & Justicia, R. (2021). Panduan pemilihan, pembuatan, dan pemanfaatan APE secara mandiri [Monograph]. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini. https://repositori.kemdikbud.go.id/25122/
Hurlock, E. B. (2013). Child Growth and Development. Literary Licensing, LLC.
Lontolawa, E. D., Pramidanirwa, I. R., & Clarinta, L. K. (2024). Pengembangan kemampuan motorik anak usia dini melalui eksplorasi inovatif alat permainan sederhana di pos PAUD terpadu Kalijudan. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 2(5), 205–211.
Ningsih, R. W., Farida, N., & Shalihat, S. (2023). KESENJANGAN HAK DAN KEWAJIBAN GURU PAUD DENGAN GURU NON PAUD. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3857
Nisa, A. K., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2025). Kesehatan Mental Kunci Utama Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 8(1), 01–10.
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2007). Human development. McGraw-Hill. https://psycnet.apa.org/record/2006-01747-000
Rahmah, N. (2022). Pendampingan pembuatan alat permainan edukatif (APE) matematika bagi guru PAUD di Kelurahan Balandai Kota Palopo. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(1), 137–153.
Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381–387.
Yasbiati, M. P., & Gandana, G. (2018). Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini (Teori dan Konsep Dasar). Ksatria Siliwangi. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=Q4T6DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=mengandung+muatan+nilai+dan+pengalaman+belajar,+maka+bisa+dikategorikan+sebagai+APE&ots=V7Vf0LYPYG&sig=s8JcJP7tb8uIKJZHhdPXlrMJo-s
Zaman, B. (2014). Esensi Sumber Belajar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Dan Sumber Belajar TK, 1–39.