Sinkronisasi Kurikulum Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dengan Daihatsu di SMK Ma’arif NU Bawang

  • Nurul Burhan Universitas Ivet
  • Sena Mahendra Universitas Ivet
  • Budiyanto Budiyanto Universitas Ivet
  • Fahmi Fatra Universitas Ivet
  • Miftah Al Hafidz Universitas Ivet

Abstract

Tujuan sinkronisasi kurikulum ialah untuk menyelaraskan kurikulum antara SMK dengan kebutuhan DU/DI serta memperkuat kerjasama antara SMK dengan DU/DI. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk: 1) menyelaraskan kompetensi soft skill yang dibutuhkan industri. 2) menyelaraskan kompetensi hard skill yang dibutuhkan industri. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa demonstrasi, diskusi dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu: 1). Pemahaman siswa terkait kompetensi soft skill masuk dalam kriteria baik yaitu 44%, 2) pemahaman siswa terkait hard skill yang dibutuhkan DU/DI masuk kategori kurang baik dengan persentase 32%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam. 2012. ”Analisa Pengaruh Hard Skill, Soft Skill dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan Studi Pada Tenaga Kerja Penjualan PT.BUMIPUTERA Wilayah Semarang”. Universitas Diponegoro, Fakultas Ekonomik danBisnis.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hamida.2012.”Peningkatan Soft skills Tanggung Jawab dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri”. Jurnal Pendidikan Karakter,Universitas Negri Yogyakarta Vol.1 No.2, Juni
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Rusdiana, A. (2020). Andragogi: Metode dan Teknik Memanusiakan Manusia. Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi Pasal 4 Ayat 9 Tentang Tridharma Perguruan Tinggi.
Illah Sailah. 2008. Pengembangan Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta
Published
2025-07-17
How to Cite
BURHAN, Nurul et al. Sinkronisasi Kurikulum Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dengan Daihatsu di SMK Ma’arif NU Bawang. Manggali, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 340-348, july 2025. ISSN 2798-4435. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manggali/article/view/4086>. Date accessed: 14 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/manggali.v5i2.4086.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>