Sinkronisasi Kurikulum Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dengan Daihatsu di SMK Ma’arif NU Bawang
Abstract
Tujuan sinkronisasi kurikulum ialah untuk menyelaraskan kurikulum antara SMK dengan kebutuhan DU/DI serta memperkuat kerjasama antara SMK dengan DU/DI. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk: 1) menyelaraskan kompetensi soft skill yang dibutuhkan industri. 2) menyelaraskan kompetensi hard skill yang dibutuhkan industri. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa demonstrasi, diskusi dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini yaitu: 1). Pemahaman siswa terkait kompetensi soft skill masuk dalam kriteria baik yaitu 44%, 2) pemahaman siswa terkait hard skill yang dibutuhkan DU/DI masuk kategori kurang baik dengan persentase 32%.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hamida.2012.”Peningkatan Soft skills Tanggung Jawab dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri”. Jurnal Pendidikan Karakter,Universitas Negri Yogyakarta Vol.1 No.2, Juni
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Rusdiana, A. (2020). Andragogi: Metode dan Teknik Memanusiakan Manusia. Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi Pasal 4 Ayat 9 Tentang Tridharma Perguruan Tinggi.
Illah Sailah. 2008. Pengembangan Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta