Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Segiempat dan Segitiga Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele

  • Linda Linda IKIP Siliwangi
  • Martin Bernard IKIP Siliwangi
  • Nelly Fitriani IKIP Siliwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis kesulitan matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika terutama pada materi segitiga dan segiempat. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP di Bandung. Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis berupa esai yang berjumlah 5 soal. Penelitian ini menerapkan metode analisis deskriptif, agar dapat mengetahui kesalahan dan kekeliruan siswa dalam menyelesaikan soal. Pengolahan data dihitung kedalam bentuk rata-rata skor siswa yang diperoleh dengan analisis berdasarkan tahapan Van Hiele. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ketercapaian siswa dalam memecahkan soal materi segiempat dan segitiga berdasarkan tahapan berpikir Van Hiele terbanyak berada pada tahap 1 (analisis) sebesar 87,87%. Ketercapaian berpikir pada tahapan Van Hiele yang baik baru mencapai tahapan visualisasi (tahap 0) sebesar 12,12%. Pada tahap 2 (deduksi informal) dan tahap 3 (deduksi) siswa belum mampu mencapai tahapan tersebut. Dengan demikian dapat dilihat bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi segiempat dan segitiga masih tergolong rendah sehingga terdapat kesulitan dan kendala bagi siswa dalam mengerjakan soal pada materi segiempat dan segitiga berdasarkan tahapan Van Hiele.


Kata kunci: kesulitan siswa, segiempat dan segitiga, tahap berpikir Van Hiele.


ABSTRACT


The purpose of this research is to analyze student’s mathematical difficulties in solving mathematics problems, especially in quadrilateral and triangular material. The subject of this study were students of class VIII of Junior high school in Bandung. The instrument used were written tests in the form of essays consists of 5 questions. This research method uses descriptive analysis of students mistakes in solving problems. The data is analysis based on Van Hiele theory. The results of this study stated that the students' achievement in solving rectangular and triangle material problems based on Van Hiele's thinking stage was mostly in stage 1 (analysis) of 87.87%. The achievement of Van Hiele's good thinking stages has only reached the visualization stage (stage 0) of 12.12%. For stage 2 (informal deduction) and stage 3 (deduction) no student has been able to reach that stage. Thus it can be seen that the level of student understanding of rectangular and triangular material is still relatively low so that there is difficulty in solving students' problems on rectangular and triangular material based on Van Hiele's thinking stages.


Keywords: Student difficulties, quadrilateral and triangular, Van Hiele Thinking stage.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual melalui Game Adobe Flash CS 4.0. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4(2), 197–222.

Cahyani, E.P., & Fitrianna, A.Y. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Barisan dan Deret di SMKN 1 Cipanas. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi.

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual Approach Using VBA Learning Media to Improve Students’ Mathematical Displacement and Disposition Ability. Journal of Physics: Conference Series 948 012025.

Dewi, S. C. (2017). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Di Kelas VII SMP Negeri 2 Kembang Tahun Ajar 2016/2017. Skripsi STKIP Siliwangi Bandung: Tidak diterbitkan.

Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2019). Gender and Mathematical Abstraction on Geometry. Journal of Physics: Conference Series 1315 012052.

Hamzah, A. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.

Linda., Sari, D. R., Fitriani, N., & Nurfauziah, F. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Berbantuan VBA for Microsoft Excel terhadap Resiliensi Siswa SMP. JPMI, 2(5), 293–300.

Ningsih, D. R., Nurlaelah, E., & Jupri, A. (2018). Preliminary Study on Mathematical Problem Solving Ability of Junior High School Students on the Triangle Subject. Journal International Conference on Mathematics and Science Education, 3(2), 745–750.

Purwasih, Ratni. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa Mts di Kota Cimahi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9 (1), 16-25.

Ruseffendi, E. T. (2005). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Jurnal Mosharafa 6(2), 287–298.
Published
2020-07-12
How to Cite
LINDA, Linda; BERNARD, Martin; FITRIANI, Nelly. Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Segiempat dan Segitiga Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 233-242, july 2020. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/1066>. Date accessed: 09 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1066.