Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika di Bandung Barat

  • Dewi Ratna Sari IKIP Siliwangi
  • Martin Bernard IKIP Siliwangi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan siswa kelas IX SMP di Bandung Barat dalam menyelesaikan soal pada materi statistika.Jenis penelitian inimerupakan penelitian deskriptif, dengan menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada materi statistika yang berpedoman pada indikator kesalahan menurut Kastolan.Penelitian dilakukan dengan memberikan tes tertulis dalam bentuk soal uraian yang berjumlah tujuh soal dan angket kuisioner kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulan bahwa analisis kesalahan yang di hadapi oleh siswa SMP pada materi statistika, berupa persentase data diperoleh Kesalahan Konseptual 37,1% dan Kesalahan Prosedural 35,9%. Adapun hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) siswa mengalami kesalahan konseptual, berupa kesalahan menentukan dan penggunaan rumus yang tidak sesuai serta tidak menuliskan rumus untuk menjawabsuatu masalah. (2) siswa mengalami hambatan dalam menyelesaikan soal karena lupa dengan formula atau rumus yang akan digunakan.


Kata kunci: analisis kesalahan, statistika.


ABSTRACT


This study aims to analyze the errors in solving statistics problems of 9th grade students of junior high school. This is a descriptive research by analysing and describing the errorindicators in solving statistics problems according to Kastolan. The study was conducted by giving a questionnaire and written test in the form of a description containing seven questions.The study concludes that junior high school students’errors on  statisticsproblems in the from of percentage error of the data obtained Conceptual Errors by 37.1% and Procedural Errors 35.9%. The results show that: (1) students have conceptual errors, such as errors defining and using formulas, (2) students get difficulties in solving problems because they forget the formula.


Keywords: analysis of error, statistics.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Agustina, E. N. S. (2016). Konsep Aljabar yang Terlupakan. Jurnal Edukasi, 2(1), 25–34.

Ariska, M. (2015). Studi Pemahaman Konsep Siswa pada Sub Konsep Rangkaian Listrik Arus Searah di Kelas XI SMA Negeri 1 Palembang. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 147–154.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash Cs 4.0. Infinity Juornal, 4(2), 197–222.

Fitriani, N. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Euclid, 2(2), 341–351.

Gal, I. (2002). Adults ’ Statistical Literacy?: Meanings, Components, Responsibilities. Internasional Statistical Review, 70(1), 1–25.

Hafiyusholeh, M. (2015). Literasi Statistik dan Urgensinya Bagi Siswa. WAHANA, 64(1), 1–8.

Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis Kesalahan dan Miskonsepsi Siswa Kelas VII pada Materi Aljabar. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 134–145.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, pp. 28–29.

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Analisis Kesulitan dalam Materi Statistika Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Statistis. Jurnal PRISMA Universitas Surakencana, VI(2), 173–179.

Natsir, N., Tandiayuk, M. B., & Karniman, T. S. (2016). Profil Kesalahan Konseptual dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan di Kelas VII SMPN 1 Siniu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 03(04), 440–453.

Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong’s Shcematic Model for Error Analysis ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 4(2), 174–187.

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tiga Aspek. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 91–107.

Supriyanto, & Purwaningsih. (2011). 225 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Berhitung. Jakarta: Media Pusindo.

Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP pada Materi Statistika. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 76–86.
Published
2020-07-10
How to Cite
SARI, Dewi Ratna; BERNARD, Martin. Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika di Bandung Barat. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 223-232, july 2020. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/1060>. Date accessed: 09 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1060.