Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal

  • Atika Nurafni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Heni Pujiastuti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Anwar Mutaqin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Tujuan penalitian ini adalah menghasilkan bahan ajar matematika melalui pendekatan kearifan lokal pada materi trigonometri yang layak dan sesuai kebutuhan siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket validasi ahli materi dan ahli media, angket respon guru matematika, dan angket respon siswa. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil validasi ahli dengan persentase 80% (layak), respon guru dengan persentase  79% (baik) dan respon siswa dengan persentase 78% (baik). Secara keseluruhan bahan ajar ini dapat di terima dengan baik oleh guru dan siswa didukung oleh hasil validasi dari para ahli yang menyatakan bahan ajar layak digunakan untuk kegiatan belajar.


Kata kunci: bahan ajar, trigonometri, kearifan lokal


ABSTRACT


The purpose of this research is to produce mathematics teaching materials through a local wisdom approach to trigonometry material that is appropriate and in accordance with the needs of students. This type of research is Research and Development (R&D) using the ADDIE model which consists of five stages, that is analyze, design, development, implement and evaluate. The instrument used were questionnaire validation sheet material experts and media expert, mathematics teacher response questionnaire and student response questionnaire. Based on the research results obtained by expert validation with a percentage of 80% (feasible), teacher response with a percentage of 79% (good) and responses students with a percentage of 78% (good0. Overall this teaching material can be well received by teachers and studens, supported by validation results from experts who claim teaching materials are suitable for use in learning activities.


Keywords: teaching materials, trigonometry, local wisdom

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzizah, Y. (2015). Socio-Economic Factors on Indonesia Education Disparity. International Education Studies, 8(12). https://doi.org/10.5539/ies.v8n12p218

Bakhtiar, D. (2016). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi STM (Sains, Teknologi, dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fisika. In Universitas Jember (Vol. 1, pp. 650–660). Jember.

Dazrullisa. (2018). Pengaruh pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal terhadap minat belajar siswa. Genta Mulia, IX(2), 141–149.

Dimyati, D., & Mudjiono, D. (2009). Belajar dan pembelajaran (ix). jakarta: PT Rineka Cipta bekerjasama dengan Depdikbud.

Ferdianto, F., & Setiyani. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37–47.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. (R. Sikumbang, Ed.) (3rd ed.). Bogor: Ghalia Indonesia.

Ikhwanudin, T. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membangun Karakter Bangsa. Union?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 11–18.

Kharis A, M. (2017). Pengembangan Bahan Belajar Interaktif Berkonten Lokal Wisdom Dengan Format .Swf Untuk Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Atas. Universitas Pendidikan Indonesia.

Mahmudi, A., Sugiman, Puji Lestari, H., & Hernawati, K. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Pembelajaran di SMK (Vol. 2). Yogyakarta.

Malati S, I. (2012). Hakikat Bahan Ajar. In 1 (pp. 1–62). Jakarta: Universitas Terbuka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4157/1/IDIK4009-M1.pdf

Masduki, L. R., & Buchori, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMK Berbasis Softwere Geometers Sketchpad Dengan Pendekatan Ethnomathematic. Aksioma?: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–80.

Ni’mah Zahrotun. (2014). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Siswa Matematika SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013. Semarang?: Institut Agama Islam Negeri Walisonggo.

Pembinaan SMA, D. (2010). Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar SMA.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pres.

Pujiastuti, H., & Haryadi, R. (2019). Interactive Math E-Book?: An Alternative Learning Resources for 21 st Century Learners. https://doi.org/10.4108/eai.21-11-2018.2282046

Riduan. (2003). Dasar-dasar Statistika. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Bandung: CV Alfabeta.

Sunandar. (2018). Pembelajaran matematika berbasis kearifan lokal. In SNPMAT (Vol. 1, pp. 1–14).

Suryadi, D. (2010). Penelitian Pembelajaran Matematika Untuk Pembentukan Karakter Bangsa. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 1–14). Yogyakarta: Tarsito.

Syahputra, E. (2017). The Development of Learning Model Based on Problem Solving to Construct High-Order Thinking Skill on the Learning Mathematics of 11 th Grade in SMA / MA. Journal of Education and Practice, 8(6), 80–85.

Yogaswara, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berorientasi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMA pada Materi Statistika. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Published
2020-01-20
How to Cite
NURAFNI, Atika; PUJIASTUTI, Heni; MUTAQIN, Anwar. Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 71-80, jan. 2020. ISSN 2549-5070. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/978>. Date accessed: 27 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978.