Upaya Sekolah Menanamkan Sikap Toleransi

  • Muhammad Bagastio Jauhari Universitas Ivet
  • Srihadi Srihadi Universitas Ivet
  • Sri Sayekti Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang belum diketahuinya secara keseluruhan penanaman sikap toleransi SDN 1 Pengadang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman sikap toleransi di SDN 1 Pengadang, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposive. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dengan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan cross check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru dalam menanamkan sikap toleransi yaitu melalui kebijakan sekolah yaitu melalui visi, misi, tujuan, dan juga peraturan sekolah, membiasakan siswa melalui kegiatan rutin dengan cara membiasakan siswa untuk bersalaman dengan guru dan berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing, melalui keteladanan dengan cara memberikan contoh sikap toleransi kepada para siswa, melalui kegiatan spontan yang dilakukan pada saat guru menjumpai siswa yang bersikap tidak toleran terhadap orang lain, membantu siswa melihat persamaan, melatih siswa melihat perbedaan sejak dini, dan mengintegrasikan dalam mata pelajaran. Dalam pengintegrasian ke dalam mata pelajaran, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menyisipkan penanaman sikap toleransi kepada para siswa, (2) dalam penanaman sikap toleransi ditemui kendala yaitu guru masih kesulitan dalam menanamkan sikap toleransi kepada siswa yang nakal. (3) Dan juga bagaimana upaya sekolah mengatasi kendala yang ada

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Z Muttaqin. (2014). Intoleran, Siswi SD Diancam Dikeluarkan dari Sekolah karena Berjilbab. Diakses dari http://www.arrahmah.com/news/2014/08/22/intoleran-siswi-sd-diancamdikeluarkan-dari-sekolah-karena-berjilbab.html pada hari Jumat, 28 November 2014 pukul 13.47 WIB.
Abu Ahmadi. (1999). Psikolgi Sosial. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Anggi Martin. (2011). Pengertian Toleransi. Diakses dari http://gieblogz.blogspot.com/2011/03/pengertian-toleransi.html pada hari Selasa, 25 November 2014 pukul 13.15 WIB.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Kurikulum 2013. Jakarta.
Borba, Michele. (2008). Building Moral Intelegence. (Membangun Kecerdasan Moral: Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi). Penerjemah: Lina Jusuf. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dwi Siswoyo, dkk. (2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press. Elida Prayitno. (1992). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Departemen Pendidikan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
F.J. Monks, dkk. (2006). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Fatchul Mu’in. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
H.A.R Tilaar. (2000). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hariyanto dan Muchlas Samani. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hudaniah dan Tri Dayaskini. (2012). Psikologi Sosial. Malang : UMM Press.
Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dann Pengembangan Pusat Kurikulum.
Lickona Thomas. (2013). Educating for Catacter. (Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik). Penerjemah: Lita S. Bandung: Nusa Media.
Margaret Sutton. (2006). Nilai dalam Pelaksanaan Demokrasi. Diakses dari ejournal.unp.ac.id/index.php/jd/article/viewFile/1070/902 pada hari Selasa, 25 November 2014 pukul 13.38 WIB.
Muhibin Syah. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nandang Budiman. (2006). Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nurul Zuriah, (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Saifuddin Azwar. (1998). Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2012). Penelitian Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suharjo. (2006). Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Tim Penulis Fakultas Psikologi UI. Eko A. Meinarno dan Sarlito W. Sarwono. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Tri Utomo. (2014). Berburu di Hutan Makna: 69 Cerita Budaya dan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Garudhawaca.
W.A Gerungan. (2010). Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Yeni Widyastuti. (2014). Psikologi Sosial. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Published
2022-11-01
How to Cite
JAUHARI, Muhammad Bagastio; SRIHADI, Srihadi; SAYEKTI, Sri. Upaya Sekolah Menanamkan Sikap Toleransi. Journal of Democratia, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1 - 15, nov. 2022. ISSN 2721-4710. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jade/article/view/2282>. Date accessed: 04 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jade.v1i1.2282.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3